Breaking News:

Vaksinasi Covid19

Cara Menangani Efek Samping Vaksinasi Covid-19 Jenis Pfizer

Novi Handoko mengatakan, program vaksinasi Covid-19 itu mensyaratkan warga berusia di atas 12 tahun mendapat vaksin jenis Pfizer.

Penulis: Rizki Amana | Editor: Intan Ungaling Dian
Tribun Tangerang/Rizki Amana
Seorang warga ikuti program vaksinasi yang diselenggarakan RS Saint Carolus Summarecon Serpong di The Springs Club Gading Serpong, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Rabu (15/9/2021). 

TRIBUNTANGERANG.COM, PAGEDANGAN - Vaksinasi Covid-19 di The Springs Club Gading Serpong, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, menyasar kepada masyarakat umum termasuk ibu menyusui.

Penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 itu dilakukan RS St Carolus Summarecon Serpong memberikan vaksin jenis Pfizer.

Ketua Tim Vaksinasi di RS St Carolus Summarecon Serpong, Novi Handoko mengatakan, program vaksinasi Covid-19 itu mensyaratkan warga berusia di atas 12 tahun.

"Kategorinya sih kita masuk ke masyarakat umumnya mulai dari remaja, kebetulan vaksin yang diberikan untuk hari ini vaksin jenis Pfizer itu mulai dari 12 tahun ke atas," kata Novi di The Springs Club Gading Serpong, Rabu (15/9/2021).

Baca juga: RS St Carolus Summarecon Vaksinasi Covid-19 Ribuan Warga Kabupaten Tangerang

Baca juga: UPDATE Vaksinasi Covid-19 RI 15 September 2021: Dosis Pertama 75.791.302, Suntikan Kedua 43.284.974

"Kemudian dengan sasaran khusus terutama kepada masyarakat yang rentan pra lansia, lansia. Kemudian untuk ibu hamil, ibu menyusui kebetulan Pfizer ini aman untuk semuanya," ujarnya. 

Menurut Novi, vaksin Pfizer bisa menimbulkan efek samping bagi penerima vaksin.

Meski begitu, efek samping hanya berlangsung selama beberapa hari dengan gejala demam.

"Efek samping yang cukup sering terjadi juga demam, sakit kepala. Tapi dari semua yang divaksin belum tentu semua seperti itu, karena vaksin itu beda-beda efeknya setiap orang juga," ujarnya. 

Selain itu, jika ada gejala demam lebih dari tiga hari, pihaknya menganjurkan pasien untuk banyak mengonsumsi air putih. 

Langkah tersebut guna menghindari dehidrasi bagi penderita gejala demam.

Baca juga: Warga Antusias Vaksinasi Covid-19 di Masjid Al Hikmah Tanah Tinggi Tangerang

Baca juga: Bulan Vaksinasi Kota Tangerang Baru 9 Hari Sudah Mencapai 1 Juta Jiwa Warga Vaksinasi Covid-19

"Kalau misalnya demam kita upayakan pasien untuk minum air putih yang banyak dalam kecukupan hariannya misalnya 2 liter per hari, saat demam kebutuhan cairannya dinaikkan. Serta konsumsi paracetamol," ujarnya. 

Namun, kata Novi, mereka yang mengalami gejala demam dalam waktu lamasebaiknya memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan.

"Kalau sampai tiga hari kita tetap sarankan untuk memeriksa ke fasilitas kesehatan terdekat takutnya ada infeksi yang berbarengan sama vaksin."

"Tapi bukan karena vaksin penyebabnya, tapi karena infeksi penyakit lain. Jadi tetap kita sarankan periksa ke fasilitas kesehatan," ujar Novi.

 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved