Satwa Dilindungi

Garuda Indonesia Fasilitasi Repatriasi Kura-kura Leher Ular dari Singapura ke Kupang

Bentuk dukungan Garuda dala pelestarian satwa, menyediakan layanan transportasi udara untuk mengembalikan satwa endemik ke habitatnya.

Istimewa
Kura-kura jenis leher ular Rote tergolong ikonik-endemik dari Pulau Rote, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), diterbangkan Garuda Indonesia dari Singapura menuju Kupang melalui Jakarta. 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG  - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia mendukung proses repatriasi 13 kura-kura jenis leher ular Rote (Chelodina mccordi).

Kura-kura jenis leher ular Rote tergolong ikonik-endemik dari Pulau Rote, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hewan langka ini diangkut dari Singapura menuju Kupang melalui Jakarta menggunakan penerbangan ekstra kargo dilanjutkan dengan penerbangan reguler ke Kupang.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menjelaskan, Garuda Indonesia mendukung komitmen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI terkait upaya pelestarian satwa dilindungi di Indonesia.

Bentuk dukungan Garuda, kata Irfan, melalui penyediaan layanan transportasi udara untuk mengembalikan satwa endemik tersebut ke habitatnya.

"Proses repatriasi ini memiliki arti penting tidak hanya dalam kaitan upaya konservasi kura kura leher ular yang merupakan spesies satwa dilindungi dan terancam punah," kata Irfan, Jumat (24/9/2021).

"Namun menjadi representasi dari kolaborasi berkelanjutan ekosistem konservasi lingkungan hidup. Di mana aksesibilitas transportasi udara memegang peranan krusial dalam proses implementasinya," ujarnya lagi.

Baca juga: Kini Test PCR dan Antigen hanya 1 Rupiah Bagi Penumpang Garuda Indonesia, Ini Syarat dan Caranya

Proses repatriasi kura-kura leher ular terdiri atas 6 kura-kura jantan dan 7 kura-kura betina itu diberangkatkan dari Singapura, Rabu (22/9/2021) pukul 22.45 waktu setempat/

Penerbangan menggunakan armada Airbus A330-300 (GA 8374), tiba di Jakarta pada pukul 23.40 WIB.

Selanjutnya diberangkatkan menuju Kupang, Kamis (23/9/2021) menggunakan Boeing 737-800NG (GA 448) pada pukul 07.30 WIB dan tiba pukul 13.05 WITA. 

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved