Breaking News:

Hari Pahlawan

Mengenal Raden Aria Wangsakara Asal Kabupaten Tangerang yang Akan Dianugerahkah Pahlawan Nasional

Raden Aria Wangsakara dianugerahkan sebagai Pahlawan Nasional. Dia pejuang yang juga dikenal sebagai pendiri wilayah Tangerang.

istimewa
Pahlawan Nasional asal Tangerang Raden Aria Wasangkara 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Pahlawan Nasional Tangerang akan dianugerahkan kepada Raden Aria Wangsakara.

Raden Aria Wangsakara, pejuang yang juga dikenal sebagai pendiri wilayah Tangerang.

Presiden Joko Widodo akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada Raden Aria Wangsakara, pejuang yang juga dikenal sebagai pendiri wilayah Tangerang.

Pada saat bersamaan Presiden Jokowi juga anugerahan gelar serupa kepada Tombolotutu, tokoh asal Sulawesi Tengah yang turut berjuang menumpas penjajah Belanda.

Kemudian Usmar Ismail, seorang sutradara film, sastrawan, wartawan, dan pejuang Indonesia dan Sultan Aji Muhammad Idris, pejuang asal Kalimantan Tengah.

"Bapak Presiden telah mengeluarkan keputusan untuk memberi gelar pahlawan kepada empat pejuang yang menginspirasi untuk membangun Indonesia yang merdeka dan berdaulat," ujar Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, dalam konferensi pers dikutip dari kanal YouTube Kemenko Polhukam, Kamis (28/10/2021).

Baca juga: Wahidin Halim Sambut Baik Penetapan Raden Aria Wangsakara Sebagai Pahlawan Nasional

Siapakah Raden Aria Wangsakara

Dikutip dari Kompas.id, dalam sejumlah literatur yang bercerita tentang Babad Tangerang dan Babad Banten disebutkan, Wangsakara merupakan keturunan Raja Sumedang Larang, Sultan Syarif Abdulrohman.

Bersama dua kerabatnya, yakni Aria Santika dan Aria Yuda Negara, Wangsakara lari ke Tangerang karena tidak setuju dengan saudara kandungnya yang malah berpihak kepada VOC.

Raden Aria kemudian memilih menetap di tepian Sungai Cisadane diberi kepercayaan oleh Sultan Maulana Yusuf, pemimpin Kesultanan Banten kala itu, untuk menjaga wilayah yang kini dikenal sebagai Tangerang, khususnya wilayah Lengkong, dari pendudukan VOC.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved