Breaking News:

Kabupaten Tangerang

DLKH Kabupaten Tangerang Kerahkan Personel dan Alat Berat Bersihkan Kali Dadap

(DLHK) Kabupaten Tangerang menurunkan sejumlah personel dan alat berat untuk membersihkan tumpukan sampah yang telah membusuk di Kali Prancis, Dadap

TribunTangerang.com/Gilbert Sem Sandro
Kali Prancis yang berada di kawasan Dadap, Kosambi, Kabupaten Tangerang dipenuhi oleh lautan sampah. DLKH Kabupaten Tangerang turunkan personel dan alat berat untuk membersihkannya, Minggu (14/11/2021) 

TRIBUNTANGERANG.COM, DADAP - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang menurunkan sejumlah personel dan alat berat untuk membersihkan tumpukan sampah yang telah membusuk di Kali Prancis, Dadap, Kosambi, Kabupaten Tangerang.

Kepala DLHK Kabupaten Tangerang, Achmad Taufik mengatakan, para personel tersebut diturunkan untuk membersihkan lautan sampah sepanjang hampir satu kilometer di kali Prancis itu.

"Sejumlah personel, armada truk dan alat berat telah kami terjunkan untuk mengakut sampah saat nanti sudah diangkat ke darat," ujar Achmad Taufik, saat dikonfirmasi, Minggu(14/11/2021).

Kemudian Taufik menerangkan, sebenarnya Kali Prancis merupakan tanggungjawab pihak Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC).

Kendati demikian ia pun menyadari, akan penanganan sampah tersebut yang seharusnya menjadi tanggung jawab seluruh aspek. 

Baca juga: Warga Minta Sampah di Kali Sabi Dibersihkan Rutin agar Aliran Air Tidak Meluap saat Hujan Deras

Baca juga: Warga Resahkan Tumpukan Sampah di Kali Perancis Jadi Sumber Penyakit dan Banjir

"Sebenarnya, penanganan sampah di Kali Prancis itu adalah tugasnya balai besar (BBWSCC)," kata dia.

"Tapi kami sadar, kalau saling menunggu terus, persoalan sampah ini enggak akan kunjung selesai," imbuhnya.

Lebih lanjut Taufik menjelaskan, tumpukan sampah yang ada di Kali Prancis itu muncul akibat terbawa arus dari banjir rob, yang kerap menggenangi kawasan itu. 

Sehingga, sampah-sampah yang berasal dari hulu, terbawa hingga ke wilayah Dadap.

"Kalau airnya naik terus ketika ada banjir rob, sampah yang dari hulu terus terdorong ke hilir. Nah posisi kali ini yang menjadi hilirnya," ungkapnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved