Kabupaten Tangerang

Warga di 5 Kecamatan Kabupaten Tangerang Deklarasikan Pembentukan Tangerang Tengah

Warga deklarasikan persiapan pembentukan Presidium Badan Persiapan Pembentukan Kota baru Tangerang Tengah (BPP-KTT).

istimewa
Ilustrasi - Warga deklarasikan pembentukan daerah Tangerang Tengah, pemekaran dari Kabupaten Tangerang 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Warga deklarasikan persiapan pembentukan Presidium Badan Persiapan Pembentukan Kota baru Tangerang Tengah (BPP-KTT).

Warga tersebut berasal dari 5 kecamatan yaitu Pagedangan, Legok, Kelapa Dua, Curug, dan Cisauk.

Kegiatan itu berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Raden Aria Wangsakara, Lengkong Kyai, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Minggu 21 November 2021.

Ketua Presidium BPP Kota Baru Tangerang Tengah, Nurdin M Satibi menerangkan, pihaknya ingin berpisah dengan induk Kabupaten Tangerang berlandaskan Undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, dan Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemekaran Daerah.

“Itu alasannya, dan juga memang sangat relevan sekali untuk di wilayah Tangerang Tengah ini segera mungkin adanya pemekaran kota baru,” ujarnya di TMP Aria Wangsakara, di Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang.

Baca juga: Korpri Kabupaten Tangerang Berbagi Rasa kepada Anak Yatim dalam Peringatan HUT ke- 50 Korpri

Selain itu, diungkapkan Nurdin, situasi di teritorial Pagedangan, Cisauk, Kelapa Dua, Curug, dan Legok tentang pengembangan penduduk dan pembangunan sudah meningkat sangat signifikan.

Bahkan, menurutnya, Tangerang Tengah bisa menjadi pusat bisnis dunia, pusat kegiatan, dan menjadi kota digital.

“Kami minta dukungan segenap tokoh masyarakat, elemen masyarakat Tangerang tengah dan pemerintah yang diwakili legislatif dapil 6, meminta persetujuan dengan Pemkab Tangerang dan pemerintah pusat untuk menerima dan mendengarkan aspirasi kami dari Presidium Badan Persiapan Pembentukan Kota baru Tangerang Tengah,” tuturnya.

Baca juga: Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Cukup Mengisi Formulir Online Siap Kerja

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Kebudayaan, Anwar Ardadili mengatakan, terkait adanya Moratorium atau penundaan pemekaran daerah terkecuali daerah Papua, dirinya menanggapi pihaknya sebagai presidium hanya sebagai wadah perkumpulan aspirasi masyarakat, dan mewakili masyarakat wilayah untuk pemekaran.

Tanggapan DPRD 

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Tangerang Akmaludin Nugraha mendukung rencana pemekaran wilayah Tangerang Tengah, meliputi Kecamatan Cisauk, Pagedangan, Legok, Kelapa Dua, dan Curug.

"Bahwa pemekaran wilayah ini bukan semata-mata mencari nama tapi memberikan pelayanan dan juga kegiatan pembangunan yang sudah berjalan, semakin lebih baik. Apalagi dengan kemajuan wilayah di Tangerang Tengah ini cukup signifikan," katanya.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Tangerang itu mengatakan pihaknya telah menganggarkan biaya kajian untuk pemekaran tersebut sebesar Rp1 miliar.

Ia mengaku siap memperjuangkan rencana masyarakat tersebut.

"Mudah-mudahan dengan deklarasi ini bisa terwujud Kota Tangerang Tengah, kami hanya bisa mengamini, siap mengawal dan siap memperjuangkan karena ini bagian dari penyerapan aspirasi," ujarnya. (*)

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved