Breaking News:

Kesehatan

Hati-hati, Ini Ciri-ciri Anda Mengidap Diabetes, Simak Cara untuk Menghindarinya

Secara umum, penyandang diabetes lebih cenderung memiliki gejala dan komplikasi yang lebih parah ketika terinfeksi virus apa pun.

Penulis: Lilis Setyaningsih | Editor: Mohamad Yusuf
News medical today
Ilustrasi - Penyakit diabetes dapat diatasi dengan obat herbal seperti yang telah dikembangkan dokter Zaidul Akbar, selain itu hindari makanan yang indeks glikemik tinggi 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Semua orang memiliki risiko yang sama terkena Covid-19.

Selama dua tahun pandemi Covid-19, sebagian besar kasus  menunjukan gejala ringan-sedang. 

Namun, bagi penyandang diabetes melitus (DM) lebih mungkin mengalami komplikasi serius akibat Covid-19.

Secara umum, penyandang diabetes lebih cenderung memiliki gejala dan komplikasi yang lebih parah ketika terinfeksi virus apa pun.

Penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati, Jakarta menunjukkan bahwa pasien dengan DM memiliki kemungkinan mendapat perawatan intensif lebih dari 2,5 kali dibandingkan populasi tanpa DM.

Kematian atau mortalitas pada pasien DM memiliki kemungkinan meningkat 2,5 kali dibandingkan pasien tanpa DM.

Berbicara pada rangkaian webinar #GoodKnowledgeGoodHealth bekerja sama dengan LSPR Communication & Business Institute, baru-baru ini, Dr. Rulli Rosandi, SpPD-KEMD, spesialis penyakit dalam di Good Doctor menyatakan, Diabetes mellitus (DM) adalah gangguan metabolisme yang ditandai oleh kenaikan kadar gula darah akibat gangguan dalam produksi insulin, dan atau gangguan fungsi insulin.

"Seseorang tidak langsung menjadi diabetes. Dimulai dari normal menjadi prediabetes lalu diabetes," ujarnya seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Wartakotalive.com, Sabtu (11/12/2021).

“Seseorang dikatakan diabetes apabila gula darah puasa (GDP) ≥ 126 mg/dl, gula darah post pembebanan glukosa (GDPP) 200 mg/dl, dan Hba1C ≥ 6,5 %," imbuh dr. Rulli.

Seperti diketahui, ketika seseorang sudah menjadi diabetes, obat harus diminum seumur hidup agar gula darahnya normal.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved