Breaking News:

Tangerang Raya

Pergantian Malam Tahun Baru di Kota Tangerang Volume Sampah Mencapai 42 Ton

Faktor yang paling dominan menyebabkan penurunan jumlah volume sampah tersebut, karena berkurangnya aktivitas masyarakat.

Penulis: Gilbert Sem Sandro | Editor: Mohamad Yusuf
Tribun Tangerang/Gilbert Sem Sandro
Sampah berserakan di kawasan kuliner Pasar Lama, Kota Tangerang, saat malam tahun baru, Sabtu (1/1/2022).  

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Sebanyak 42 ton sampah dihasilkan pada perayaan malam pergantian Tahun Baru 2022 di Kota Tangerang.

Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Yudi Pradana mengatakan, jumlah volume sampah pada perayaan malam Tahun Baru 2022 di Kota Tangerang menurun dibandingkan dengan tahun 2021 lalu.

"Volume sampah yang dihasilkan dari malam pergantian tahun 2022 ini, berjumlah 42 ton sampah yang sebagian besar berasal dari sampah atau limbah rumah tangga," ujar Yudi Pradana kepada awak media, Senin (3/1/2022).

"Angka volume sampag tahun ini menurun lebih dari 50 ton dibandingkan dengan sampah perayaan tahun baru tahun lalu," sambungnya.

Ia menilai, faktor yang paling dominan menyebabkan penurunan jumlah volume sampah tersebut, karena berkurangnya aktivitas masyarakat dalam merayakan pergantian malam tahun baru kemarin.

Pasalnya, Pemerintah Kota Tangerang juga telah melarang masyarakat Kota Tangerang untuk merayakan tahun baru dengan menggelar acara yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

"Memang kemarin kan pak Wali Kota melarang aktivitas yang menimbulkan keramaian di masyarakat saat merayakan malam pergantian tahun, sehingga membuat angkanya berkurang," kata dia.

"Ditambah lagi dengan kesadaran masyarakat semakin peduli dengan masalah sampah, sehingga dari rumah tangga banyak yang mulai peduli memilah sampahnya, dan itu patut kita apresiasi," terangnya.

Seluruh jenis sampah yang dihasilkan dari malam pergantian tahun 2022 tersebut, langsung dibawa menuju Tempat Pembuangan Akhir sampah (TPA) Rawa Kucing, Tangerang.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat Kota Tangerang, agar lebih aktif memilah-milih sampah dengan memanfaatkan fasilitas Bank Sampah yang dikelola di tingkat RT dan RW. 

"Semua sampahnya saat perayaan malam pergantian tahun, sudah kita bawa langsung ke TPA Rawa Kucing," ucapnya.

"Ya kedepan kita akan terus mengupayakan pengendalian untuk mengurangi volume sampah di TPA Rawa Kucing, dengan memberi himbauan kepada masyarakat melalui bank sampah yang dikelola di tingkat RT/RW dimana memang sampah sudah dipilah dari hulunya," tutup Yudi Pradana. (M28)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved