Breaking News:

Pilgub DKI 2024

Golkar akan Usung Bupati Tangerang jadi Cagub DKI 2024

DPD Partai Golkar DKI Jakarta, partai yang meraih enam kursi di DPRD DKI Jakarta ini akan mengusung Ketua DPD Golkar DKI Ahmed Zaki Iskandar

istimewa
Ahmed Zaki Iskandar santer disebut akan diusung Partai Golkar di Pilgub DKI Jakarta 2024 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Meski Pilkada DKI akan digelar dua tahun lagi atau 2024 mendatang, mesin politik kontestasi mulai dipanaskan.

Sejumlah partai politik (parpol) yang meraih kursi di Parlemen Kebon Sirih, Jakarta Pusat telah menyiapkan kader-kader  untuk maju dalam ajang Pilkada DKI Jakarta. 

Partai PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Golkar sudah santer mengeluarkan beberapa kandidat untuk maju di Pilgub DKI Jakarta. 

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar DKI Jakarta, partai yang meraih enam kursi di DPRD DKI Jakarta ini akan mengusung Ketua DPD Golkar DKI Ahmed Zaki Iskandar.

Baca juga: Bila Hasil Survei Tinggi, Partai Golkar akan Usung Airin Maju ke Pilgub DKI Jakarta

Saat ini di pemerintahan, Zaki masih mengemban amanah sebagai Bupati Tangerang dua periode, sampai tahun 2023 mendatang. Pencalonan Zaki dalam Pilkada DKI ini mengacu pada keputusan musyawarah daerah (Musda) Golkar DKI Jakarta yang digelar beberapa waktu lalu.

“Kalau Golkar kan sudah ada keputusan Musda (musyawarah daerah) dan sudah jadi keputusan Rakerda (rapat kerja daerah), sehingga kami akan mendukung Ketua DPD Bapak Ahmed Zaki Iskandar,” kata Sekretaris DPD Partai Golkar DKI Jakarta Basri Baco pada Rabu (12/1/2022).

Baco memastikan, tidak ada nama lain dari kader Golkar yang akan dicalonkan sebagai Cagub DKI selain Ahmed Zaki. Untuk sosok Cawagub DKI, kata Baco, Partai Golkar belum menentukannya.

Pria yang juga menjadi Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD DKI Jakarta ini menyebut, pihaknya harus melihat peta perolehan kursi dari ajang Pileg yang digelar lebih dulu di awal 2024. Hingga kini, Golkar belum melakukan lobi-lobi politik dengan parpol lain di Parlemen Kebon Sirih.

Baca juga: Partai NasDem akan Usung Ahmad Sahroni Sebagai Calon Gubernur pada Pilkada DKI 2024

“Untuk pasangannya lihat perkembangan, kan itu nanti hasil dari Pileg 2024. Sekarang kami lagi berusaha bagaimana caranya bisa dapat tempat (kursi di DPRD),” ujar Baco.

Seperti diketahui, masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Basweda akan berakhir pada 16 Oktober 2022 mendatang. Untuk mengisi kekosongan jabatan menjelang Pilkada serentak 2024, Kemendagri akan menunjuk pegawai negeri sipil (PNS) eselon I dari lembaga vertikal sebagai Penjabat (Pj) Gubernur.

Meski Pilkada DKI baru dilaksanakan dua tahun lagi, namun bursa calon pengganti sudah mulai memanas, hingga beberapa nama kandidat pun muncul. Seperti yang diungkapkan Ketua Dewan Penasehat DPD Gerindra DKI Jakarta Mohammad Taufik.

Pria yang juga menjadi Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta itu menyebut, ada tiga nama kandidat yang punya potensi maju dalam Pilkada DKI 2024 mendatang, yaitu Ahmad Riza Patria, Airin Rachmi Diany, dan Bahlil Lahadalia.

Baca juga: Wahidin Halim Masuk dalam 29 Gubernur yang Taat Aturan UMP

Kemudian, ada nama Ahmed Zaki Iskandar yang diusung Golkar dan Ahmad Sahroni yang didorong NasDem. Beberapa lama lain, seperti Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka pun mulai mencuat. (faf) 

 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved