Prakiraan Cuaca

CUACA Ekstrem Landa Jakarta dan Sekitarnya, BPBD DKI Imbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan

BPBD DKI kembali merilis prediksi cuaca di Jakarta dan sekitarnya sepekan ke depan. Ternyata, akan ada cuaca ekstrem, ini harus diwaspadai.

Tribunnews.com
Ilustrasi BPBD DKI mengingatkan masyarakat Jabodetabek yang beraktivitas di ibu kota waspada, sebab beberapa hari ke depan akan ada cuaca ekstrem. 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA - Warga DKI Jakarta dan sekitarnya diimbau untuk waspada potensi hujan sedang - lebat durasi 17 Januari hingga 22 Januari 2022.

Imbauan itu disampaikan oleh Pemerintah provinsi DKI Jakarta melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

"Berdasarkan analisis dinamika atmosfer terkini, BMKG mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan kedepan di sebagian besar wilayah Indonesia," tulis caption pada akun Instagram resminya @bpbddkijakarta yang dikutip, Selasa (18/1/2022).

Video: Prakiraan Cuaca Selasa 18 Januari 2022 Jakarta, Tangerang dan Sekitarnya

"Kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan aktivitas dinamika atmosfer. Kondisi tersebut secara signifikan dapat meningkatkan potensi cuaca ekstrem dalam periode sepekan kedepan," tambah caption tersebut.

BMKG memberikan peringatan dini terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat, angin kencang dan gelombang tinggi.

Potensi hujan sedang-lebat diprediksi terjadi di wilayah DKI Jakarta.

Baca juga: Pemprov DKI Kerahkan 170 Personel dan Peralatan untuk Hadapi Cuaca Ekstrem di Januari-Februari 2022

Baca juga: BPBD Kabupaten Tangerang Siaga 24 Jam Hadapi Kerawanan Bencana Akibat Cuaca Ekstrem

BPBD DKI mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (hujan lebat-sangat lebat yang dapat disertai kilat/petir, angin kencang, gelombang tinggi, dll).

Juga dampak terhadap bencana hidrometeorologi yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, dll.

BPBD DKI Imbau Warga Jakarta Waspada Cuaca Ekstrem Durasi 17 Januari Hingga 22 Januari 2022 (Doc. Akun Instagram @bpbddkijakarta).
BPBD DKI Imbau Warga Jakarta Waspada Cuaca Ekstrem Durasi 17 Januari Hingga 22 Januari 2022 (Doc. Akun Instagram @bpbddkijakarta). (warta kota/yolanda putri dewanti)

"Warga diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan, salah satunya dengan membaca buku saku "Panduan Kesiapsiagaan Menghadapi Banjir bagi Masyarakat" melalui tautan http://tiny.cc/bukusakusiagabanjir," jelas caption tersebut.

Baca juga: Siapkan Payung! Prakiraan Cuaca Tangerang Raya Selasa 21 Desember Hujan Ringan hingga Sedang

Perbarui informasi mengenai Tinggi Muka Air (TMA) melalui tautan http://bpbd.jakarta.go.id/waterlevel.

Segera laporkan lokasi/titik yang berpotensi atau mengalami genangan/banjir melalui fitur JakLapor pada aplikasi JAKI.

Informasi banjir terkini dapat dipantau melalui situs https://pantaubanjir.jakarta.go.id/peta-banjir-berbasiskan-rt.

Jika mengalami atau menemukan keadaan darurat, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112 atau menggunakan tombol darurat pada aplikasi Jakarta Aman.

Baca juga: HARIS Azhar dan Fatia Tolak Dijemput Paksa Polisi, Mediasi dengan Luhut Pandjaitan Gagal

"Diimbau kepada seluruh warga Jakarta untuk tetap menerapkan 6M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama," tutup caption tersebut.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved