Tepat di Usia 81 Tahun, Kebun Raya Purwodadi Resmikan Menara Pandang dan Rumah Kaca

Puncak Festival 81 Tahun Kebun Raya Purwodadi dilaksanakan Minggu (30/1/2022). Pada kesempatan itu diresmikan Menara Pandang dan Rumah Kaca

Penulis: Ign Prayoga | Editor: Ign Prayoga
Istimewa
Menara Pandang yang menjadi center point di Kebun Raya Purwodadi, Jawa Timur. Menara Pandang ini diresmikan pada HUT ke-81 Kebun Raya Purwodadi, 30 Januari 2022. 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG -- Kebun Raya Purwodadi di Jawa Timur, telah memasuki usia 81 tahun. Didirikan tepat pada tanggal 30 Januari 1941, Kebun Raya Purwodadi, merupakan salah satu dari lima Kebun Raya BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional).

Fungsi utama dari Kebun Raya Purwodadi yaitu sebagai Balai Konservasi Tumbuhan yang bernaung di bawah dan bertanggung jawab kepada Pusat Riset Konservasi Tumbuhan Kebun Raya, Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Hayati, BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional)

Menyambut HUT ke-81 Kebun Raya Purwodadi dilaksanakan Festival 81 Tahun Kebun Raya Purwodadi pada 29-30 Januari 2022 di area Rumah Kaca dan Menara Pandang yang dimulai pukul 07.00-16.00 WIB. Di dalam festival tersebut, pengunjung dapat mengikuti berbagai program yang menarik seperti bazar tanaman dan makanan, virtual tour, live music, fun games, senam zumba, dan gerakan menukar sampah dengan tanaman.

Puncak Festival 81 Tahun Kebun Raya Purwodadi dilaksanakan Minggu 30 Januari 2022. Pada kesempatan itu resmikan Menara Pandang, Rumah Kaca dan Area Bermain Anak hasil kerja sama Kebun Raya Purwodadi dengan Bank Rakyat Indonesia dan Bank Mandiri yang telah digagas sejak tahun 2021. Fasilitas-fasilitas itu didirikan dengan tujuan meningkatkan fungsi di bidang konservasi dan penelitian serta pelayanan publiknya Kebun Raya Purwodadi.

“Di usia yang ke-81 tahun, kami mengajak masyarakat untuk berkunjung menikmati sejarah dan keindahan Kebun Raya Purwodadi. Kerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia dan Bank Mandiri bertujuan untuk terus mengembangkan Kebun Raya Purwodadi sebagai destinasi wisata konservasi tumbuhan. Banyak hal yang dapat di eksplorasi oleh pengunjung untuk lebih mengenal tentang Kebun Raya Purwodadi sebagai kawasan konservasi tumbuhan dataran rendah kering Indonesia,” papar Galendra Jaya, Plt General Manager Kebun Raya Purwodadi.

Kerja sama Kebun Raya Purwodadi bersama Bank Rakyat Indonesia dan Bank Mandiri dalam bidang konservasi dan penelitian mencakup informasi tentang tumbuhan, pada area seluas 85 hektar terdapat sejumlah koleksi tumbuhan dengan rinciannya 191 suku, 933 marga, 5.981 nomor koleksi, 10.857 spesimen. Koleksi tumbuhan tersebut di antaranya jenis anggrek, agave, bambu, polong-polongan, paku, pisang, dan tanaman obat.

Baca juga: Bintangi Pelangi Tanpa Warna, Rano Karno: Ini Bukan Lagi Bicara Si Doel

Melalui kerja sama ini, inovasi planttag tentang informasi tumbuhan sebanyak 500 unit diperbaharui dengan menggunakan QR barcode yang terkoneksi langsung dengan website Kebun Raya Purwodadi. Dengan inovasi planttag ini pengunjung bisa mendapatkan informasi mulai dari nama tanaman, jenis, famili, hingga manfaat tanaman.

Ke depannya planttag ini akan terus dikembangkan hingga mengcover seluruh koleksi tumbuhan di Kebun Raya Purwodadi.

Selanjutnya kerja sama dalam bidang pelayanan publik dilakukan melalui kegiatan revitalisasi di area Menara Pandang dan Rumah Kaca, kegiatan revitalisasi antara lain dengan melakukan penataan interior dan eksterior serta air mancur dilengkapi dengan instalasi lampu yang menyala pada malam hari dan area bermain yang ramah bagi anak yang dapat dinikmati pengunjung setiap harinya.

Menara Pandang yang menjadi center point di Kebun Raya Purwodadi juga merupakan tempat koleksi tumbuhan, dengan lawn luas di area Menara Pandang dan Rumah Kaca yang dapat digunakan untuk beragam aktivitas bagi pengunjung. Selain dua tempat tersebut, pengunjung juga dapat mengunjungi taman tematik yang terdapat di Kebun Raya Purwodadi seperti Taman Obat, Taman Mexico, Taman Buah Lokal, Taman Bougenville, Taman Akuatik, serta masih banyak lagi tumbuhan menarik lainnya yang dapat dikunjungi.

Baca juga: Permukaan Tanah di Pesisir Jakarta Alami Penurunan hingga Satu Meter Selama Sembilan Tahun

Dengan banyaknya tempat yang di kunjungi dan area yang luas, pengunjung tidak perlu khawatir akan kelelahan, sebagai bagian dari peningkatan pelayanan publik, kerjasama ini juga memberikan pengunjung beragam pilihan fasilitas untuk menikmati Kebun Raya Purwodadi. Fasilitas yang disediakan antara lain golf car, shuttle bus, sepeda dan scooter yang menggunakan teknologi listrik ramah lingkungan. (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved