Imlek

Kombes Komarudin: Malam Tahun Baru dan Hari Raya Imlek di Kota Tangerang Berjalan Lancar dan Aman

Perayaan rangkaian acara mulai Malam Tahun Baru Imlek hingga Hari Raya Imlek di Kota Tangerang berjalan lancar.

Wartakotalive.com/Gilbert Sem Sandro
Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Komarudin mengatakan, Rabu (2/2/2022), rangkaian perayaan Imlek tersebut dipastikan berjalan aman tanpa adanya peristiwa atau hal mencurigakan apapun. 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG --- Polres Metro Tangerang Kota memastikan perayaan rangkaian acara mulai Malam Tahun Baru Imlek hingga Hari Raya Imlek di Kota Tangerang berjalan lancar.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Komarudin mengatakan, rangkaian perayaan Imlek tersebut dipastikan berjalan aman tanpa adanya peristiwa atau hal mencurigakan apapun.

"Seluruh rangkaian giat Imlek sampai saat ini berjalan dengan aman dan lancar, tidak ada kejadian ataupun hal menonjol lainnya yang mengganggu perayaan Imlek tahun ini," ujar Kombes Komarudin saat dikonfirmasi Wartakotalive.com, Rabu (2/2/2022).

Warga saat beribadah di sebuah vihara di Tangerang pada hari raya Imlek, Selasa (1/2/2022).
Warga saat beribadah di sebuah vihara di Tangerang pada hari raya Imlek, Selasa (1/2/2022). (Wartakotalive.com/Gilbert Sem Sandro)

"Demikian juga halnya dengan kegiatan masyarakat, semua berjalan lancar dengan penjagaan personil yang kami gelar sejak Malam Tahun Baru Imlek, hingga tadi malam pukul 20.00 WIB," imbuhnya.

Kemudian Komarudin menambahkan, sebanyak 297 personel gabungan Polrestro Tangerang Kota, Kodim 05/06 dan Satpol PP Kota Tangerang dikerahkan, guna amankan gelaran Malam Tahun Baru Imlek hingga perayaan hari raya Imlek 2573 Kongzili.

Ratusan personel gabungan tersebut, tersebar pada 12 vihara sejak Senin (31/1/2022) sore hingga Selasa (1/2/2022) malam, guna mengamankan jalannya gelaran perayaan Tahun Baru Imlek di Kota Tangerang.

Baca juga: Penjualan Burung Pipit di Vihara Bahtera Bhakti Ancol Merosot Drastis saat Imlek

Baca juga: Makna Merah saat Perayaan Tahun Baru Imlek di Vihara Kwan In Tang Pamulang

"Untuk memastikan gelaran malam Tahun Baru Imlek hingga hari raya Imlek di Kota Tangerang, kita mengerahkan 297 personil gabungan," kata Komarudin.

"Personel yang diturunkan untuk melakukan pengamanan Tahun Baru Imlek bekerjasama dengan Dandim 05/06, serta Satpol PP Kota Tangerang," imbuhnya.

Lebih lanjut Komarudin menyatakan, terdapat empat vihara di Kota Tangerang yang mendapat penjagaan dengan konsentrasi khusus di Kota Tangerang saat perayaan Imlek kemarin.

Empat vihara tersebut berlokasi di kawasan Pasar Baru, Pasar Lama, serta Neglasari.

Baca juga: Pedagang Burung Pipit di Vihara Boen San Bio Tangerang Raup Rp 1,6 Juta saat Imlek

"Dari 53 vihara yang berada di bawah naungan wilayah hukum Polrestro Tangerang Kota, terdapat 12 yg melaksanakan kegiatan keagamaan. Dan dari 12 vihara itu, terdapat 4 vihara yang konsentrasi pengamanannya kita pertebal," ungkapnya.

"Empat vihara di Kota Tangerang tersebut berada di wilayah Pasar baru, Pasar lama, dan juga Neglasari," terangnya.

Ia menjelaskan, penebalan pengamanan tersebut dilakukan, guna memastikan gelaran Malam Tahun Baru Imlek berjalan lancar.

Pasalnya, empat vihara tersebut merupakan vihara-vihara yang memiliki jumlah jemaat yang cukup banyak saat perayaan Malam Tahun Baru Imlek.

Baca juga: Kapolresta Tangerang Zain Dwi Nugroho Perintahkan Penjinak Bom Cek Vihara saat Pengamanan Imlek

"Penebalan penjagaan pada empat vihara yang kita fokuskan itu dilakukan, karena mengingat umat yang beribadah di vihara-vihara tersebut cukup banyak," jelasnya.

"Dan teknis pengamanan yang kita lakukan adalah dengan menerapkan konsep terbuka dan tertutup, hal ini bertujuan untuk memberi jaminan keselamatan dan keamanan bagi saudara-saudara kita yang merayakan Imlek tahun ini," pungkas Kombes Pol Komarudin. (M28)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved