Capres 2024

Prabowo Punya Kewenangan Penuh Tentukan Capres, Deklarasi Dilakukan Tahun Ini

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menegaskan hanya ada satu capres dari partainya yang akan diusung pada Pilpres 2024.

Editor: Ign Prayoga
Tribun Tangerang/Yolanda Putri Dewanti
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gerindra Ahmad Muzanidi Masjid Darussalam, Gandaria Utara, Jakarta Selatan, Minggu (16/1/2022). Partai Gerindra hanya memilki satu capres yakni Prabowo Subianto, kata Muzani, Kamis (10/2/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG -- Prabowo Subianto bakal diusung menjadi calon presiden (capres) oleh Partai Gerindra.

Keputusan ini diungkap Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani yang menegaskan hanya ada satu calon presiden (capres) dari partainya yang akan diusung pada Pilpres 2024 yakni Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Muzani mengatakan rencananya deklarasi Prabowo sebagai capres dilakukan tahun ini. "Tahun ini, tahun ini. Bukan setahun, dalam bulan-bulan mendatang, insyaallah," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (10/2/2022).

Muzani menjelaskan berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), Partai Gerindra memberi kewenangan penuh kepada ketua umum untuk menentukan calon presiden dan calon wakil presiden.

Baca juga: Mengaku Bayar Rp 5.000 untuk Tidur di Aula, Begini Nasib Saksi Kasus Kebakaran Lapas

Hal itu membuat Prabowo bisa kapanpun menetapkan dirinya sebagai calon presiden. "Artinya Pak Prabowo bisa menetapkan dirinya kapanpun," ucap Muzani.

Namun Muzani mengatakan, sebagai seorang yang demokratis, Prabowo akan melakukan deklarasi secara terbuka. Dia menyebut saat ini Gerindra masih menunggu keputusan Prabowo.

"Nah cuma, sebagai seorang demokratis Pak Prabowo biasanya dalam menetapkan suatu keputusan penting, apalagi ini soal negara. soal pemimpin bangsa, soal presiden, beliau biasanya panggil. Ada seremoninya, ini yang juga kita tunggu undangannya," ujar Muzani.

Baca juga: BREAKING NEWS: Polrestro Tangerang Kota Tetapkan Saiful, Ustaz Cabul di Pinang sebagai DPO

Sebelumnya, Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) menyatakan elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih yang tertinggi di antara sejumlah tokoh yang berpeluang maju di Pilpres 2024.

Hal itu didasarkan hasil survei Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI).

Dari pertanyaan terbuka yang diajukan oleh peneliti KedaiKOPI terhadap responden, Prabowo Subianto mendapatkan elektabilitas tertinggi yakni sebesar 18,4 persen.

Baca juga: Tanpa Bicara, Gubernur Kalimantan Utara Memeriksa Bangkai Mobil yang Menewaskan Anaknya

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved