Edukasi

Kenali Gangguan Tiroid, Jangan Senang Dulu Bila Berat Badan Turun Mendadak

Jangan senang dulu ketika berat badan tetiba menjadi langsing tanpa melakukan diet atau olahraga. Apalagi ditambah mudah cemas.

istimewa
Penyakit tiroid adalah masalah umum yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon tiroid dalam tubuh. Saat ini banyak penderita pembesaran tiroid biasanya muncul tanpa gejala, sehingga sulit dirasakan oleh pasien. 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Jangan senang dulu ketika berat badan tetiba menjadi langsing tanpa melakukan diet atau olahraga. Apalagi ditambah mudah cemas.

Kedua gejala ini menjadi ciri penyakit tiroid.

Kelenjar tiroid adalah organ kecil yang terletak di bagian depan leher, melingkari tenggorokan (trakea). Bentuknya seperti kupu-kupu, dengan tangkai kecil (isthmus) di tengah, dan dua sayap (lobus) di kanan dan kiri yang memanjang di sekitar sisi tenggorokan.

Tiroid adalah kelenjar penghasil dua hormon utama, yaitu triiodothyronine (T3) dan thyroxine (T4).

Gangguan fungsi dapat berupa hipertiroid jika tubuh membuat terlalu banyak hormon tiroid, sebaliknya jika tubuh membuat terlalu sedikit hormon tiroid, disebut hipotiroidisme.

Baca juga: Varises Bukan Sekedar Estetika saja, Tapi bisa Sebabkan Bengkak dan Luka bila Diabaikan

Kedua kondisi ini mempunyai dampak yang serius karena mempengaruhi seluruh metabolisme tubuh.

Fungsi hormon tiroid untuk tubuh sangatlah banyak, mulai dari otak, jantung, ginjal, organ reproduksi, liver, saluran cerna, otot dan tulang.

Penyakit tiroid adalah masalah umum yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon tiroid dalam tubuh.

Pada kasus hipertiroid terjadi kelebihan produksi hormon tiroksin yang meningkatkan metabolisme tubuh sehingga memicu keringat berlebih. Termasuk di telapak tangan. 

"Tangan berkeringat itu ngga selalu tanda penyakit jantung. Kalau pasien hipertiroid itu tangannya lembap dan ada gejala penyerta," ujar Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Konsultan Diabetes, Endokrin dan Metabolik Bethsaida Hospital dr. Rochsismandoko, Sp.PD, KEMD, FINASIM, FACE di acara media gathering yang diadakan Bethsaida Hospital di Hotel Fairmont belum lama ini.

Baca juga: Penyakit Penyerta Diabetes Melitus Jadi Penyumbang Terbesar Kasus Kematian Covid-19 di Kota Tangsel

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved