Ribuan Balita Alami Gizi Buruk, Pemerintah DKI Klaim Jamin Pemenuhan Gizi Anak Rp 300.000 per Anak

Pemprov DKI Jakarta mengklaim telah menjamin pemenuhan gizi anak usia 0-6 tahun lewat program Kartu Anak Jakarta (KAJ).

UCLG Aspac
Ilustrasi stunting akibat kekurangan gizi 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta mengklaim telah menjamin pemenuhan gizi anak usia 0-6 tahun lewat program Kartu Anak Jakarta (KAJ).

Program ini telah bergulir sejak Maret 2021, berbentuk bantuan sosial (bansos) duit sebesar Rp 300.000 per anak setiap bulan selama setahun.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Premi Lasari mengatakan, program bansos ini diperuntukan bagi anak berusia 0-6 tahun dari keluarga pra sejahtera.

Harapannya kebutuhan dasar mereka bisa terpenuhi dengan baik.

Baca juga: DKI Diminta Maksimalkan Peran Posyandu untuk Berantas Gizi Buruk

“Kebutuhan dasar yang dimaksud misalnya nutrisi susu, makanan bergizi dan keperluan penunjang lainnya yang mendukung tumbuh kembang mereka,” kata Premi pada Rabu (16/2/2022).

Menurutnya, data anak penerima bantuan telah diverifikasi dan validasi oleh Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Jaminan Sosial oleh Dinsos DKI Jakarta.

Hal ini tentunya telah melalui proses musyawarah kelurahan di wilayah masing-masing dan telah ditetapkan dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Untuk kriterianya, penerima KAJ harus berusia 0-6 tahun, memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan berdomisili di Jakarta serta berada di luar panti sosial pemerintah dan pemerintah daerah.

Baca juga: Anies Diminta Bergerak Lebih Cepat, 6 Ribu Balita Alami Gizi Buruk di Jakarta

“Penerima bansos mendapat dana sebesar Rp 300.000 yang disalurkan melalui kartu ATM Bank DKI,” ujarnya.

Premi mengatakan bantuan ini diberikan sebagai implementasi Peraturan Gubernur Nomor 96 tahun 2019 tentang Pemberian Bantuan Sosial untuk Pemenuhan Kebutuhan Dasar bagi Anak.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved