Berita Nasional

KABAR GEMBIRA: Program Kartu Prakerja Gelombang 23 Dimulai, Pemerintah Siapkan Kuota 500.000 orang

Program Kartu Prakerja sejak Kamis (17/2/2022) telah memasuki gelombang 23 dan siap diaplikasikan untuk mencetak para wirausahawan-wirausahawati.

Tribunnews
Pemerintah kembali meluncurkan program Kartu Prakerja demi mendongkrak perekonomian UMKM. Foto: Ilustrasi. 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA - Pemerintah kembali meluncurkan program Kartu Prakerja demi mendongkrak perekonomian usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Program yang dimulai sejak Kamis (17/2/2022) ini telah memasuki gelombang 23 dan siap diaplikasikan untuk mencetak para wirausahawan dan wirausahawati.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, program ini membuka kesempatan kepada 500.000 orang untuk berwirausaha dengan syarat, warga negara Indonesia (WNI) berusia 18-64 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Program tersebut dilakukan melalui kerja sama dengan pusat pelatihan maupun wirausaha, salah satunya Bencoolen Coffee.

“Begitu mereka mendapat pelatihan barista dan wirausaha, mereka mendapatkan hak untuk menjual franchise Bencoolen, offline maupun online, dan mereka akan menjadi new entrepreneur,” kata Airlangga Hartarto berdasarkan keterangannya pada Senin (21/2/2022) malam.

Airlangga mengatakan, pada tahun 2021 lalu pemerintah sudah menyiapkan program yang akan menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia.

Baca juga: PERHATIAN! Kartu Prakerja Gelombang 23 Tahun 2022 telah Dibuka, Simak Cara Daftarnya

Baca juga: Cara Membeli Pelatihan untuk Peserta Kartu Prakerja yang Sudah Dinyatakan Lolos

Salah satunya adalah usaha mikro dan UMKM yang menyerap 97 persen angkatan kerja.

Program ini juga akan memberikan alokasi khusus kepada 50.000 Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI).

“Ini memberikan jaminan kepada mereka karena sudah memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk pekerjaan itu,” ujar Airlangga.

Program Kartu Prakerja juga akan mendorong penawaran dan permintaan tenaga kerja untuk dapat lebih terhubung dalam sistem program ini.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved