80 Lukisan dari Bulu Unggas Karya Firdaus Alamhudi Dipamerkan di Balai Samudera

Penasaran dengan bulu unggas menjadi lukisan?, 80 Lukisan dari Bulu Unggas Karya Firdaus Alamhudi Dipamerkan di Balai Samudera

Tribun Tangerang/Junianto Hamonangan
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono melihat lukisan karya Firdaus Alamhudi yang dipamerkan di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (7/3/2022) malam. 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA - Penasaran bulu unggas menjadi lukisan? Apalagi bukan lukisan biasa, namun tokoh nasional. 

Sebanyak 80 lukisan yang dibuat dari bulu unggas karya dari pelukis Firdaus Alamhudi dipamerkan di Gedung Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (7/3/2022) malam.

Pameran lukisan ‘Bangkitlah Indonesiaku’ dengan tema ‘Alutsista TNI AL, Tokoh Nasional, Kaligrafi, Kemanusiaan dan Lingkungan Hidup’ tampilkan banyak tokoh-tokoh nasional.

Di antaranya ada tokoh proklamator Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta. Selain itu pameran yang difasilitasi TNI AL tersebut juga menampilkan Presiden Indonesia Joko Widodo.

Baca juga: Pelukis Fitrajaya Nusananta Tampilkan Figur Super Hero di Pameran Lukisan Bersama  di Perpusnas

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengungkapkan bahwa pihaknya memfasilitasi Firdaus Alamhudi pameran di Balai Samudera karena temanya dekat dengan TNI AL.

“Karena temanya kedaulatan dan menyangkut TNI Angkatan Laut sehingga saya fasilitasi di gedung ini. Sehingga bisa menampilkan seluruh lukisan yang besar-besar maupun yang kecil,” katanya.

Apalagi puluhan karya lukis yang ditampilkan kali ini oleh Firdaus Alamhudi adalah menggunakan media yang tidak biasa seperti bulu unggas.

“Ini sangat jarang katanya di luar sangat dikagumi, belum ada negara yang melukis dengan bulu. Sehingga saya sangat apresiasi dengan karya beliau sehingga saya fasilitasi di Balai Samudera,” sambung Yudo.

Baca juga: Festival Tangsel Sejiwa Ibu Bhayangkari Polres Tangsel Lelang Hasil Lukisan

Jenderal bintang empat yang juga menjadi obyek lukisan dari Firdaus Alamhudi tersebut berharap karya lukis yang menampilkan alutsista TNI itu bisa memberi inspirasi bagi para prajurit TNI AL.

Sementara itu Firdaus Alamhudi mengaku senang bisa menggelar pameran karya lukis untuk yang ke 135 kalinya tersebut setelah sempat vakum dikarenakan pandemi Covid-19.

“Ini jawaban Tuhan dari doa-doa saya dan saya dipertemukan dengan Angkatan Laut dan beliau memberikan satu penawaran pameran di Balai Samudera,” katanya.

Apalagi pamerannya sekarang digelar di gedung sebesar Balai Samudera. Pelukis yang selama ini sudah menggelar pameran sejak tahun 1975 silam itu pun menjadikannya sebuah tantangan.

Baca juga: Warga Akui Lukisan Mural Kritik Sosial di Serpong Jadi Media Aspirasi Rakyat Kecil

“Satu sisi saya tertantang untuk meng-cover ruangan sebesar ini dan paling nggak 80 lukisan lebih dan tema-tema ini dari yang ada hati saya,” ungkapnya.

Adapun dalam pameran itu juga akan dilakukan lelang beberapa lukisan seperti ‘Fatwa Nanggala’, ‘Sang Laksamana Berkuda’, dan ‘Sang Laksamana Penjaga Samudera’ dengan tokoh Laksamana TNI Yudo Margono dimana hasilnya disumbangkan ke Yayasan Hang Tuah.

Rencananya acara pameran lukisan karya Firdaus Alamhudi tersebut akan berlangsung hingga 10 Maret 2022 mendatang dan dibuka untuk umum mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai. (jhs)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved