Korban KKB Papua

Jenazah Billy Garibaldi Dikebumikan di Pemakaman Keluarga

Billy Garibaldi, salah satu korban tewas akibat kebrutalan KKB Papua merupakan warga Desa Panyadap, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung

Penulis: Gilbert Sem Sandro | Editor: Ign Prayoga
Tribun Jabar/Lutfi Ahmad Mauludin
Ucapan belasungkawa berjejer di kediaman Billy Garibaldi (41) di Kampung Cibuah, Desa Panyadap, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, Senin (7/3/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM, BANDUNG -- Rasa duka yang mendalami menyelimuti Kampung Cibuah, Desa Panyadap, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Salah satu warga kampung tersebut, Billy Garibaldi, tercatat sebagai korban tewas akibat aksi barbar kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

Karangan bunga duka cita pun berjejer di halaman rumah keluarga Billy Garibaldi di Kampung Cibuah, Desa Panyadap.

Billy Garibaldi meninggal dunia ditembak teroris KKB Papua saat memperbaiki tower base transceiver station (BTS) di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Rabu (2/3/2022).

Baca juga: Hari Ini Jenazah Eko Septiansyah Korban KKB Papua Dimakamkan, Semalam Tiba di Jakarta

Sekretaris Desa Panyadap, Dani Isnendar (50) mengatakan, pihak keluarga menyiapkan pemakaman jenazah Billy Garibaldi di pemakaman keluarga di Bojong.

Dani mengatakan, meski berita penembakan para pekerja di Papua itu sudah santer terdengar sejak beberapa hari lalu, warga awalnya tak menyadari bahwa salah seorang yang tewas itu adalah tetangga mereka.

"Warga di sini memang tak mengenal Billy Garibaldi. Sebab, di sini, warga mengenalnya dengan nama Dida, bukan Billy," ujar Dani, Senin (7/3/2022).

Setelah diperlihatkan fotonya, warga langsung mengenali bahwa Billy Garibaldi adalah Dida.

Baca juga: Lima Korban Tewas KKB Papua Tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Peti Jenazah Ditandai Foto Almarhum

"Yang tahu nama aslinya Billy itu hanya keluarga," kata Dani yang juga masih terhitung kerabat korban. "Jadi kami juga mengetahui secara pasti, di hari Sabtu," kata Dani dikutip dari TribunJabar.id. 

Dani mengatakan, sejauh yang ia tahu, Billy Garibaldi sudah cukup lama bekerja memasang tower. "Tak hanya di Papua, tapi di daerah lainnya," kata Dani.

Billy, ujar Dani, meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak yang masih kecil-kecil. Terbesar berusia 11 tahun, dan yang bungsu baru satu tahun.

"Kata istrinya, Billy sempat mengabari akan pulang Minggu (6/3). Tapi, Tuhan rupanya memiliki rencana lain," kata Dani.

Baca juga: Doni Salmanan Jadi Tersangka dan Ditahan di Bareskrim

Sementara itu, pihak keluarga masih menutup diri. Menurut ketua RW setempat, Yadi Mulyadi (40), pihak keluarga masih sangat terpukul. "Kata keluarganya, Billy sudah lama kerja di Papua, sering ke Papua," ujar Yadi.

Yadi mengatakan, meski tak terlalu dekat, warga mengenal Billy Garibaldi sebagai sosok yang baik. Namun, karena kesibukannya, kata Yadi, Billy jarang kumpul-kumpul bersama warga.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved