Edukasi

Siap Ujian Sekolah, Tidak Hanya Mengejar Nilai Semata

Plt Kabid SD dan PKLK Dinas Provinsi DKI Jakarta, Drs Putoyo, HS, MPd mengatakan ujian sekolah menentukan kelulusan atau tidak tergantung sekolah

pexels/agung-pandit-wigun
anak-anak belajar 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG – Sejak setahun lalu, Ujian Nasional (UN) ditiadakan dari semua jenjang pendidikan. 

Namun Ujian Sekolah (US) tetap dilakukan dan menjadi salah satu syarat penentu kelulusan siswa selain nilai rapor, dan nilai sikap siswa. Pada senin ini (14/3/2022), Ujian Sekolah tingkat SMA dilakukan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bidang (Kabid) SD dan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Dinas Provinsi DKI Jakarta, Drs Putoyo, HS, MPd mengatakan ujian sekolah menentukan kelulusan atau tidak, itu tergantung sekolah masing-masing.

Menurutnya, ini karena setiap sekolah memiliki kurikulum tingkat satuan pendidikan yang sudah diatur oleh masing-masing sekolah.

Baca juga: Pekan Depan Tryout Ujian Sekolah, Pelajar di Kota Tangerang Antusias Ikuti PTM Terbatas

“Sehingga untuk tetap meningkatkan kualitas sekolah itu, anak-anak harus menyiapkan diri,” ujarnya dalam acara Webinar Motivasi US 2022 yang diselenggarakan oleh Penerbit Erlangga, belum lama ini.

Siap Ujian

Dalam menjalani kehidupan, setiap orang akan mengalami ujian dalam hidupnya.

Walaupun ada yang bilang ujian sekolah ‘kalah gengsi’ dengan Ujian Nasional, namun namanya ujian  anak-anak yang siap menghadapi tantangan kedepan dan memiliki daya analisis yang kuat, itu harus dimulai dengan terus belajar.

“US ini merupakan salah satu evaluasi yang dilakukan secara umum dalam dunia pendidikan dan disesuaikan dengan standar pencapaian hasil secara umum, sehingga hasil evaluasi tersebut digunakan dalam pemetaan, pemerataan dan perantara pendidikan,” ujarnya.

Baca juga: Jangan Menambah Kecemasan, ini 6 peran Orangtua saat Anak Hadapi Ujian

Menurutnya, dengan memiliki daya analisi tinggi, anak-anak mampu berhadapan dengan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved