Banten

Andika Hazrumy Usulkan Revitalisasi Sungai Cibanten Masuk RPJMN Ke Bappenas

Andika Hazrumy mengajukan proyek revitalisasi Sungai Cibanten melalui rapat yang dipimpin Kepala Bappenas RI Soeharso Monoarfa.

Tribun Tangerang/Andika Panduwinata
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengajukan proyek revitalisasi Sungai Cibanten kepada Pemerintah Pusat melalui Rapat Koordinasi Pemerintah Pusat dan Kepala Daerah Provinsi,dipimpin Kepala Bappenas RI Soeharso Monoarfa, di Nusadua, Bali, Jumat (18/3/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menghadiri Rapat Koordinasi Pemerintah Pusat dan Kepala Daerah Provinsi, di Hotel Courtyard, Nusadua, Bali, Jumat (18/3/2022).

Rapat tersebut mebahas tentang penyusunan major project Pemerintah Pusat di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Andika Hazrumy mengajukan proyek revitalisasi Sungai Cibanten kepada Pemerintah Pusat melalui rapat yang dipimpin Kepala Bappenas RI Soeharso Monoarfa.

"Salah satunya kami mengajukan revitalisasi Sungai Cibanten masuk ke dalam major project RPJMN 2020-2024,” kata Andika, Jumat (18/3/2022).

Dia menjelaskan, revitalisasi Sungai Cibanten berupa penataan sempadan sungai daerah Banten Girang di Kota Serang.

Pekerjaan ini diajukan untuk dilaksanakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan sumber dana dari APBN. 

Baca juga: Andika Hazrumy Tinjau Lokasi Banjir, Minta Perhatian Masyarakat terhadap Kondisi Sungai Cibanten

Baca juga: Rapat Persiapan PNLG PEMSEA Percantik Kawasan Wisata Urban Aquaculture Ketapang

"Kajiannya telah dilakukan oleh Pemprov Banten sebagai dukungan program di bidang pengelolaan sumber daya air,” ucapnya.

Rencana revitalisasi Sungai Cibanten sepanjang 1,5 km di wilayah Banten Girang.

Lebar sepadan yang akan direvitalisasi di Sungai Cibanten selebar 20 meter ke kiri dan ke kanan sungai dari garis tengah sungai.

"Terkait alasannya sendiri saya sampaikan di dalam rapat mengingat Sungai Cibanten berdasarkan kajian memang memerlukan revitalisasi yang salah satunya kemarin itu kan meluap dan menyebabkan banjir di Kota Serang," ujar Andika Hazrumy.

Dia menambahkan, Pemprov Banten juga mengajukan sejumlah proyek prioritas lainnya untuk dilakukan Pemerintah pada tahun 2023 atau major project RPJMN 2020-2024.

Seperti percepatan reaktivasi jalur kereta api lintas Rangkasbitung-Pandeglang-Labuan.

Pengembangan kawasan industri khusus Petrokimia Kota Cilegon dan Kabupaten Serang.

Serta pembangunan kawasan industri khusus agro Cileles di Kabupaten Lebak.

Baca juga: Tahun Ini, Sejumlah Situ di Kota Depok akan Direvitalisasi Menjadi Tempat Wisata

Baca juga: Direvitalisasi, Bandara Halim Perdanakusuma Tutup Sementara per 26 Januari 2022 Selama 3,5 Bulan

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved