Edukasi

Indonesia jadi Negara Pertama Peluncuran Aplikasi Pengasuhan yang Didasari pada Analisis Antropologi

menggabungkan wawasan baru dari ilmu perkembangan otak di usia dini dengan penerapan pengetahuan budaya khusus setempat

istimewa
Minderoo Foundation meluncurkan aplikasi untuk pengembangan anak usia dini Thrive by Five secara global 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Minderoo Foundation meluncurkan program global multichannel. Program ini dimulai di Indonesia.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya tahun-tahun awal anak dan memberdayakan orangtua dan pengasuh di seluruh dunia untuk memberi anak- anak mereka awal terbaik dalam hidup.

Thrive by Five Internasional Program, yang akan diluncurkan di 30 negara, dirancang untuk menyebarkan konten kepada orangtua dan pengasuh melalui berbagai saluran, baik digital maupun non-digital, dalam bahasa mereka sendiri dan dirancang secara individual untuk menyesuaikan bahasa negara tersebut, budaya, dan isyarat sosial.

Program ini didukung oleh tiga produk utama:
● Aplikasi Thrive by Five (yang dikenal sebagai Cilukbalita di Indonesia) untuk orangtua dan pengasuh anak-anak berusia 0-5 tahun, dalam bahasa lokal dan dengan konten yang disesuaikan.
● Mendukung konten Thrive by Five yang disebarluaskan melalui saluran online dan offline untuk meningkatkan aksesibilitas dan menjangkau keluarga dari latar belakang sosial ekonomi yang lebih rendah.
● The Thrive by Five TED Talk dari Molly Wright tentang “Bagaimana setiap anak dapat berkembang”.

Baca juga: Layanan Publik Dinas Pendidikan Kota Tangerang Masuk Zona Merah

Co-Founder dan Co-Chair Minderoo Foundation Nicola Forrest mengatakan  Indonesia hanyalah langkah pertama, dengan program yang akan diperluas ke 30 negara di Afrika, Asia, Amerika Selatan dan Timur Tengah.

“Anak-anak membutuhkan pengasuhan yang menyenangkan sejak awal usia mereka untuk mendukung perkembangan otak dan potensi masa depan mereka,” kata Forrest, Selasa (22/3/2022).

“Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada orangtua dan pengasuh tentang hal yang mereka butuhkan selama lima tahun pertama anak – untuk membantu anak-anak mencapai potensi masa depan mereka sepenuhnya," katanya. 

"Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa momen-momen kecil dari koneksi dan interaksi, frekuensi pengulangan dan dapat membuat perbedaan yang signifikan," lanjut Forrest.

Dr Andrew Forrest AO, Ketua dan Pendiri Yayasan Minderoo mengatakan bahwa Yayasan sedang mencari cara untuk mencapai perubahan paradigma global bagi anak-anak di seluruh dunia.

Baca juga: Dapat Beasiswa S2, Prilly Masih Ingin Menikmati Hidup & Rehat Sejenak Sebelum Melanjutkan Pendidikan

“Setiap anak, di mana pun mereka tinggal, memiliki hak untuk memulai hidup sebaik mungkin. Program Thrive by Five akan menginformasikan dan memberdayakan orangtua dan pengasuh untuk membantu anak-anak mereka mencapai potensi terbesar mereka, dari negara-negara yang dilanda perang seperti Afghanistan hingga komunitas paling terpencil di Kenya,” kata Dr Forrest.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved