Pemerintah Beri Subsidi Upah Buat Pekerja Bergaji di Bawah Rp 3 Juta

Pemerintah kembali memberikan bantuan subsidi upah di tahun ini. Bantuan hanya diberikan kepada pekerja dengan gaji di bawah Rp 3 juta.

Penulis: Ign Prayoga | Editor: Ign Prayoga
Tribunnews.com
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG -- Pemerintah kembali memberikan bantuan subsidi upah di tahun ini dengan beberapa ketentuan.

Namun, bantuan ini hanya diberikan kepada pekerja dengan gaji di bawah Rp 3 juta. Sebelumnya di tahun 2020-2021, bantuan diberikan kepada pekerja dengan penghasilan di bawah Rp 5 juta.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menuturkan, bantuan akan diberikan kepada 8,8 juta pekerja.

"(Akan diberikan) Bantuan subsidi upah untuk 8,8 juta tenaga kerja dengan gaji yang kurang dari Rp 3 juta," kata Airlangga dalam konferensi pers Update Penanganan Pandemi Covid-19, di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (4/4/2022).

Baca juga: Siswa SDN 03 Daan Mogot Senang dan Antusias Belajar Bareng Teman-teman di Sekolah

Airlangga mengungkapkan, bantuan tersebut melanjutkan program bantuan yang diberikan selama pandemi Covid-19.

Pemerintah kata dia, masih membahas mekanisme pemberian bantuan. Namun dia memastikan, bantuan subsidi upah kepada pekerja dengan gaji di bawah Rp 3 juta akan diumumkan sebentar lagi.

"Ada arahan Bapak Presiden (Jokowi) terkait dengan program bantuan subsidi upah di mana ini akan terus dimatangkan," ucap dia.

Baca juga: Tidak Main-Main! Satgas Dibentuk, Pelanggar Distribusi Minyak Goreng Curah Bisa Kena Pidana Korupsi

Baca juga: Mad Romli Rangsang ASN Pemkab Tangerang untuk Tingkatkan Kinerja di Bulan Suci Ramadan

Di sisi lain, pemerintah juga memberi bantuan reguler dan bansos pandemi dengan dana Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Hingga April 2022, dana PEN sudah terkucur Rp 29,3 triliun dari pagu Rp 455,62 triliun. Realisasinya setara dengan 6,4 persen dari pagu yang tersebar di tiga klaster, yakni klaster kesehatan, perlindungan masyarakat, dan penguatan ekonomi.

"Terkait perlindungan masyarakat Rp 22,74 triliun, ini untuk PKH, Kartu Sembako, Kartu Prakerja, BLT desa, dan bantuan pedagang kaki lima, warung, dan nelayan, dan penguatan ekonomi Rp 5 triliun," kata Airlangga. (*)

Sumber; Kompas.com

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved