Tangerang Raya

4.000 Warga Kabupaten Tangerang Jadi Korban Banjir Sahur Mendapat Bantuan Sahur Ramadhan

Moch Maesyal Rasyid meninjau langsung lokasi banjir hingga dini hari di Bencongan, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Istimewa
Bantuan paket sahur untuk warga korban banjir di Kelurahan Bencongan, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Rabu (6/4/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM, KELAPA DUA - Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid meninjau langsung lokasi banjir hingga dini hari di Bencongan, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Rabu (6/4/2022).

Maesyal Rasyid mendatangi RW 25 Kelurahan Bencongan dan langsung menyusuri rumah warga yang kebanjiran.

Kehadirannya bersama Camat Kelapa Dua Prima Saras Puspa, Kepala BPBD Ujat Sudrajat dan Lurah Bencongan Adi Nugraha, dan Ketua RW 25.

"Banjir saat ini karena intensitas hujan yang tinggi, ditambah aliran Kali Sabi meluap melintas di Bencongan," kata Maesyal Rasyid, Rabu (6/4/2022) dini hari.

Menurutnya, saat ini banjir akibat luapan Kali Sabi sudah surut. Pemkab Tangerang sudah menormalisasi sungai tersebut tahun 2021. 

Namun intensitas hujan tinggi dan belum ada turab di lokasi RW 25 mengakibatkan air meluap dan masuk ke rumah warga.

Baca juga: Dinas Sosial Salurkan 1000 Paket Sahur untuk Korban Banjir di 17 Titik di Kota Tangerang

Baca juga: Perahu Karet Diturunkan untuk Antisipasi Korban Banjir di Kota Tangerang

"Hingga dini hari kita perhatikan, luapan air Kali Sabi ini yang mengakibatkan banjir, akibat benteng pasir yang dibuat warga tidak cukup untuk menahan derasnya air di kali tersebut," ujarnya.

Dia mengatakan, Pemkab Tangerang akan menganggarkan turab Kali Sabi di Bencongan agar dapat menahan luapan air.

Langkah selanjutnya, melakukan koordinasi dengan pihak Kota Tangerang untuk memaksimalkan penanganan Kali Sabi yang melintas di Kabupaten dan Kota Tangerang.

"Ada sekitar 4.000 warga terdampak banjir luapan Kali Sabi di Kelurahan Bencongan yang antara lain berada di empat RW, yaitu RW 18, 20, 25 dan RW 31," katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang Ujat Sudrajat menambahkan, untuk saat ini sudah disiapkan nasi bungkus bagi korban banjir.

Dia berharap, warga dapat menjalani sahur Ramadhan karena rumahnya masih tahap pembersihan sisa banjir.

BPBD Kota Tangerang bersama Kecamatan Kepala Dua menyiapkan kurang lebih 4.200 nasi bungkus untuk warga terdampak. 

"Kita siapkan nasi bungkus untuk masyarakat terdampak banjir. Penanganan saat ini memang sudah surut, tinggal pembersihan sisa banjir," ucap Ujat. 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved