Pendidikan

Telkom University Gelar Wisuda di Metaverse, Pertama Kali di Indonesia

Telkom University Bandung menggelar wisuda tahun akademik 2021/2022 di dunia metaverse. Wisuda di metaverse ini jadi yang pertama di Indonesia

Penulis: Ign Prayoga | Editor: Ign Prayoga
Humas Telkom University (Tel-U)
Wisuda Magister, Sarjana, Sarjana Terapan dan Ahli Madya Periode II Tahun Akademik 2021/2022 Telkom University (Tel-U), digelar di dunia metaverse, Sabtu (9/4/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM, BANDUNG -- Telkom University (Tel-U) menggelar acara wisuda Magister, Sarjana, Sarjana Terapan dan Ahli Madya Periode II Tahun Akademik 2021/2022 di dunia metaverse.

Ketua panitia wisuda periode II, Anisah Firli mengklaim bahwa wisuda menggunakan platform metaverse yang digelar pada Sabtu (9/4/2022) ini menjadi yang pertama diselenggarakan di Indonesia.

"Kami menggunakan platform ini sebagai bentuk inovasi Telkom University, sekaligus ingin memberikan pengalaman baru kepada wisudawan/i Telkom University, di mana metaverse yang belakangan digaung-gaungkan ingin kami hadirkan untuk wisudawan/i,” ucap Firli, dikutip dari Kompas.com.

Menurutnya, wisuda bertema "Generasi Tangguh" ini memiliki filosofi bahwa para wisudawan diharapkan menjadi sosok yang memiliki komitmen dan bersikap tangguh dalam menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

Baca juga: Pengamat Bilang Permintaan 2 Warga Perpanjang Jabatan Anies ke MK Sulit Dikabulkan, Ini alasannya

Ketangguhan dinilai sebagai cerminan respons terhadap situasi dengan terus berekplorasi, berinovasi mengembangkan diri untuk berkontribusi bagi bangsa.

Sementara itu pengembang konsep ini, Dosen Fakultas Ilmu Terapan (FIT), Fat’hah Noor Prawita mengatakan bahwa konsep metaverse ini didukung oleh platform Mozilla Hubs yang telah dikustomisasi sedemikian rupa sehingga wisudawan nantinya benar-benar dapat merasakan pengalaman wisuda secara langsung di kampus, dengan menggunakan perangkat laptop maupun headset Virtual Reality (VR) serta dapat memilih karakter avatarnya masing-masing.

Baca juga: Beli Mitsubishi Pajero Sport Pakai Uang Receh Koin Rp 500, H. Endang Awalnya Liat Respon Dealer Dulu

Pembuatan avatar dan gedung pada metaverse ini dibantu dosen D4 Teknologi Rekayasa Multimedia FIT Rikman Aherliwan Rudawan, dan tim mahasiswanya. "Kami mengambil venue Gedung Damar, salah satu gedung auditorium yang telah ada semenjak STT Telkom berdiri. Gedung Damar dibuat secara virtual mirip aslinya," ucapnya.

Sebanyak 1.285 wisudawan dari 32 program studi, di antara 43 program studi pada tujuh fakultas di Telkom University, dikukuhkan Ketua Senat Universitas Telkom Dr. Ismail.

Baca juga: Mantan Rektor Universitas Trisaksi Prof Dr Thoby Mutis Tutup Usia

Seusai prosesi pelantikan, nantinya mereka akan bergabung dengan Forum Alumni Universitas Telkom (FAST) yang saat ini memiliki alumni lebih dari 64.000 orang yang tersebar di 30 negara.

Pada kesempatan itu pun, Rektor Telkom University Prof. Dr. Adiwijaya mengatakan, sejalan dengan universitasnya yang memperoleh Anugerah Widyapadhi, yakni sebagai perguruan tinggi terbaik dalam manajemen inovasi, dan sejak 2019 penelitian Telkom University telah masuk ke dalam Klaster Mandiri, yakni klaster “Tertinggi” dari Kemenristek-BRIN, maka tahun 2022 ini pihak menargetkan menjadi perguruan tinggi yang mengedepankan Entrepreneurial Culture Excellence, dengan menanamkan budaya entrepreneur untuk seluruh civitas akademika.

Baca juga: Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria Mulai Berpuasa Saat 4 Tahun, Usia 6 Tahun Sampai Magrib

"Sejalan dengan hal tersebut saat ini lebih dari 50 start-up yang dihasilkan Tel-U sudah berkontribusi secara ekonomi untuk Indonesia," kata Adiwijaya.

Universitas terakreditasi A ini berharap wisudawannya itu memiliki kemampuan kepemimpinan, pemecah masalah (problem solver), dapat menjalin kolaborasi dengan siapapun, memiliki komunikasi yang baik, dan terus memperbaharui teknologi terkini, dan menjadikan teknologi tersebut sebagai akselerator untuk memudahkan penyelesaian. (*)

Sumber: Kompas.com

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved