Perampokan

Sekuriti Bank BJB Ungkap Kronologis Penggagalan Perampokan yang Ditembaki Airsoft Gun

Sekuriti Bank BJB Ungkap Kronologis Penggagalan Perampokan yang Ditembaki Airsoft Gun, Usai ditembak justru muncul Keberanian Lebih Menangkap Pelaku

Penulis: Ramadhan L Q | Editor: Lilis Setyaningsih
Tribun Tangerang/Ramadhan L Q
Petugas sekuriti Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) cabang Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan bernama Farizal, usai mendapatkan penghargaan dari Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Polisi Budhi Herdi Susianto, Senin (18/4/2022) pagi. 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA - Petugas sekuriti Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) cabang Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan bernama Farizal, menceritakan kronologis penggagalan perampokan pada Selasa (5/4/2022).

Diketahui, Farizal baru saja mendapatkan penghargaan dari Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Polisi Budhi Herdi Susianto.

Pemberian penghargaan tersebut digelar di halaman Polres Metro Jakarta Selatan, Kebayoran Baru pada Senin (18/4/2022) pagi.

Penghargaan diberikan usai Farizal menggagalkan aksi percobaan perampokan yang dilakukan seorang pelaku berinisial BS (43).

Baca juga: Aksi Heroik Farizal, Sekuriti yang Gagalkan Perampokan BJB Fatmawati Dapat Penghargaan

"Alhamdulillah, saya sangat merasa bangga atas apa apresiasi yang diberikan oleh Kapolres, untuk perhatiannya saya mengucapkan banyak terima kasih, semoga ke depannya kinerja saya semakin lebih baik di area saya bertugas," katanya, usai terima penghargaan pada Senin.

Farizal mengatakan dirinya berani menghadapi BS karena sudah terkena tembakan di bagian pipi kanan.

"Karena senjata yang saya ketahui itu bukan senjata api berupa air softgun, dikarenakan sudah terkena terlebih dahulu di bagian pipi saya," ujar dia.

Pelaku sempat meminta semua karyawan yang ada di bank tersebut untuk tiarap, tetapi Farizal enggan menurutinya.

Baca juga: Polisi Bakal Tes Psikologi Tersangka Perampokan Bank BJB Fatmawati

"Awal mula pelaku menembakkan ke teller untuk meminta semua petugas dan karyawan untuk tiarap," tutur Farizal.

"Akan tetapi, dikarenakan saya tidak tiarap maka saya ditembak menggunakan airsoft gun terkenalah di bagian pipi saya. Jadi saya bisa mengetahui bahwa senjata  digunakan bukan senjata api," sambung dia.

Atas hal tersebut, Farizal melawan pelaku seorang diri dengan cara tangan kosong.

"Awal mulannya dan pas terjadinya baku hantam, kebetulan si pelaku sudah   berhasil saya tangkap, jadi dibantu untuk keluar agar lebih mudah penangkapannya, dibantu juga dengan warga sekitar," katanya.

Baca juga: Perampok Bank BJB Ternyata Karyawan Swasta Bergaji Rp 60 Juta per Bulan

Diberitakan sebelumnya, kasus percobaan perampokan terjadi di Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank BJB di Jalan RS Fatmawati Raya, Cilandak, Jakarta Selatan pada Selasa (5/4/2022) pukul 14.30 WIB.

Pelaku yang melakukan percobaan perampokan tersebut ternyata merupakan seorang pegawai di bank swasta.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, BS diketahui bekerja sebagai vice president di salah satu bank swasta dengan gaji senilai Rp60 juta per bulan.

Meski memiliki gaji yang terbilang besar, ia nekat melakukan percobaan perampokan bank karena diduga terlilit utang sebesar Rp5 miliar.

Baca juga: Ditembak Perampok dari Jarak 2 Meter, Satpam Bank BJB Alami Luka Lebam di Pipi

Pelaku melakukan percobaan perampokan di Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank BJB di Jalan RS Fatmawati Raya, Cilandak, Jakarta Selatan ternyata terinspirasi dari film Money Heist.

Dari peristiwa itu, polisi melakukan penangkapan dan penggeledahan, kemudian mengamankan barang bukti berupa airsoft gun, pisau lipat, petasan asap, tali tis, dan alat kejut.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat pasal berlapis yakni Pasal 365 Juncto Pasal 53 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dan Undang-Undang Darurat Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1951 tentang Senjata. (M31)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved