Banten

Pekan Imunisasi Dunia 2022 Jadi Momentum Pemprov Banten Kembali Tingkatkan Imunisasi Anak

Peringatan Pekan Imunisasi Dunia Tahun 2022 Provinsi Banten diselenggarakan di RS Mandaya Royal Hospital Puri, Kota Tangerang, Selasa (19/4/2022).

Tribun Tangerang/Gilbert Sem Sandro
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy saat memberikan imunisasi kepada balita dalam acara Peringatan Pekan Imunisasi Dunia (PID) Tahun 2022 Provinsi Banten diselenggarakan di RS Mandaya Royal Hospital Puri, Tangerang, Selasa (19/4/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Peringatan Pekan Imunisasi Dunia (PID) Tahun 2022 Provinsi Banten diselenggarakan di RS Mandaya Royal Hospital Puri, Kota Tangerang, Selasa (19/4/2022).

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti, dan Unicef Chief of Java Field Office Tubagus Arie Rukmantara.

Andika Hazrumy mengucapkan rasa syukur karena Provinsi Banten berhasil menorehkan prestasi sebagai Provinsi dengan cakupan imunisasi dasar untuk anak tertinggi se-Indonesia.

"Alhamdulillah berkat kerja keras semua pihak, imunisasi anak di Banten pada tahun 2021 lalu, meraih peringkat tertinggi se-Indonesia dengan cakupan 94,8 persen," kata Andika Hazrumy dalam sambutannya.

"Meskipun cakupan imunisasi dasar untuk anak karena pandemi Covid-19 mengalami penurunan tren, tapi kita bisa meraih hasil tertinggi se-Indonesia," katanya lagi.

Menurutnya, pandemi Covid-19 memberi dampak penurunan cakupan imunisasi signifikan di Provinsi Banten.

Dia menilai, penurunan cakupan imunisasi dapat memunculkan daerah-daerah kantong yang berpotensi menjadi sumber kasus penyakit bahkan menimbulkan kejadian luar biasa (KLB).

Baca juga: Imunisasi Disebut Investasi Kesehatan

Baca juga: 8 Manfaat Jus Nanas Mulai dari Meningkatkan Kekebalan Tubuh hingga Membasmi Sel Kanker

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy saat mengikuti acara Peringatan Pekan Imunisasi Dunia (PID) Tahun 2022 Provinsi Banten diselenggarakan di RS Mandaya Royal Hospital Puri, Tangerang, Selasa (19/4/2022).
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy saat mengikuti acara Peringatan Pekan Imunisasi Dunia (PID) Tahun 2022 Provinsi Banten diselenggarakan di RS Mandaya Royal Hospital Puri, Tangerang, Selasa (19/4/2022). (Tribun Tangerang/Gilbert Sem Sandro)

"Di Indonesia cakupan imunisasi memang mengalami penurunan, dari 93,7 persen di tahun 2019 menjadi 77,3 persen di tahun 2021."

"Sedangkan di Provinsi Banten cakupan imunisasi dasar sebelumnya di tahun 2019 sebesar 98,8 persen menjadi 94,1 persen di tahun 2021." 

Peringatan PID 2022 ini, kata Andika, menjadi momentum tepat dan strategis dalam meningkatkan kembali kesadaran untuk melakukan tindakan kolektif dari masyarakat.

Terutama untuk meningkatkan cakupan imunisasi sebagai perlindungan semua kelompok umur guna mencapai eradikasi dan eliminasi penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

Sementara itu, Unicef Chief of Java Field Office Tubagus Arie Rukmantara menambahkan, pihaknya berkomitmen membantu Indonesia dan Pemprov Banten inisiatif imunisasi pada anak.

Menurutnya, pandemi Covid-19 telah dapat dikendalikan karena antusias masyarakat tinggi untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

Antusias tinggi masyarakat itu dapat diterapkan dalam imunisasi rutin kepada anak-anak.

Baca juga: Kota Tangerang Gencarkan Vaksinasi Booster Jelang Mudik Lebaran

Baca juga: Dua Pekan Jelang Mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Pemkot Tangerang Gencarkan Vaksinasi Covid-19

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved