Vaksinasi Covid 19

Penyaluran Vaksinasi Covid-19 Booster di Tangerang Raya Capai 300.000 Orang

Penyaluran vaksinasi Covid-19 booster di Tangerang Raya mencapai 300.000 orang. Penyaluran vaksin booster meningkat karena jadi syarat mudik.

Penulis: Gilbert Sem Sandro | Editor: Ign Prayoga
Tribun Tangerang/Rizki Amana
Ilustrasi: Warga sedang menerima vaksinasi Covid-19 dosis booster di Sentra Vaksinasi Covid-19 Polsek Pamulang, Kamis (7/4/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG -- Pemerintah mengizinkan masyarakat untuk mudik. Sebelumnya, selama dua tahun berturut-turut, pemerintah melarang mudik untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Saat ini, kasus Covid-19 dinilai sudah landai dan pemerintah mengizinkan mudik. Kendati demikian, pemerintah menetapkan sejumlah persyaratan bagi warga yang hendak mudik agar kasus Covid-19 tidak meningkat.

Salah satu syarat bagi pelaku perjalanan mudik adalah telah mendapat vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster.

Aturan ini dipatuhi warga Tangerang Raya yang mencakup Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan. Di tiga wilayah ini, permintaan vaksinasi booster meningkat hingga belasan ribu orang per hari.

Baca juga: Sambut Libur Lebaran, Gramedia Fair Kembali Hadir dan Beri Diskon Hingga 90 Persen

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr Sudarto Mangapul Marsangap Tua mengatakan, capaian vaksinasi booster pasca ditetapkan sebagai syarat mudik mengalami peningkatan sebesar 80 persen.

"Sejak diumumkan booster jadi syarat untuk mudik, terdapat kenaikan yang sangat signifikan," ujar dr Sudarto Mangapul Marsangap Tua, Minggu (24/4/2022).

"Hingga akhir bulan April 2022, jumlah masyarakat yang telah menjalani booster menjadi 522.031 orang, atau meningkat pesat dari sebelumnya yang 235.061 orang," ujar Sudarto.

Baca juga: Banjir Setinggi 70 sentimeter Landa Kawasan Jalan Arya Putra Ciputat, Sebabkan Motor Mati Mesin

Sementara di Tangerang Selatan, jangkauan vaksin booster mencapai lebih dari 4.000 orang dalam satu hari.

Penerima vaksin booster adalah masyarakat umum dan petugas publik.

"Penyaluran vaksin booster di Tangerang Selatan hari ini sebanyak 4.408 orang, yang mana 2.094 di antaranya disalurkan kepada petugas publik, 1.277 masyarakat umum dan rentan, 915 orang lanjut usia (lansia)," kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tangerang Selatan, dr Allin Hendalin Mahdaniar.

"Sebanyak 173 orang menerima vaksin dalam vaksin gotong royong, 149 orang remaja, dan 68 tenaga kesehatan (nakes)," ujar Allin Hendalin Mahdaniar.

Baca juga: Diduga Sakit, Seorang Pria Meninggal di Dalam Bus Sinar Jaya Jurusan Wonosobo Jawa Tengah

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi mengatakan, penyaluran booster di wilayahnya telah mencapai 21,4 persen.

"Capaian booster di Kabupaten Tangerang dalam dua pekan terakhir meningkat drastis, dan hingga saat ini sudah berada di angka 468.000 orang atau sekitar 21,4 persen," kata Hendra Tarmizi.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved