Idul Fitri

Perumahan Rooswood Garden Ciputat Terendam Banjir saat Ditinggal Mudik Lebaran

Banjir melanda Perumahan Rooswood Garden, Serua, Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) saat Hari Raya Idul Fitri 2022.

Penulis: Rizki Amana | Editor: Intan Ungaling Dian
Tribun Tangerang/Rizki Amana
Warga Perumahan Rooswood Garden, Serua, Ciputat, Kota Tangsel sedang membersihkan rumah setelah dilanda banjir pada Hari Raya Idul Fitri 2022. 

TRIBUNTANGERANG.COM, CIPUTAT - Banjir melanda Perumahan Rooswood Garden, Serua, Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) saat Hari Raya Idul Fitri 2022.

Ketinggian banjir yang merendam rumah warga sekitar satu meter.

Puluhan Kepala Keluarga (KK) pun sibuk membersihkan kediamannya setelah genangan air surut, Selasa (3/5/2022).

"Banjir ini sampai sedada orang dewasa dan seluruhnya masuk ke rumah warga sebanyak 77 rumah dan 65 KK," kata Ketua RT setempat, Hendri di Serua, Ciputat, Kota Tangsel, Selasa (3/5/2022).

Hendri menjelaskan, dari puluhan KK yang rumahnya kebanjiran tersebut sedang mudik.

Namun, setelah banjir surut, sejumlah warga yang telah mudik memilih kembali ke rumahnya.

"Warga yang mudik itu sekitar 30 KK selebihnya ada di Jakarta. Karena banjir melanda akhirnya yang mudik kembali perumahan tidak seluruhnya paling hanya sekitar 10 warga saja," katanya.

Baca juga: Waspada Banjir di Ciledug, Rawa Buaya, dan Cengkareng, Pos Pantau Angke Hulu Tetapkan Status Siaga 1

Baca juga: Ribuan Warga Kota Tangsel Jadi Korban Banjir Menjelang Perayaani Idul Fitri Tahun 2022

Perbaikan tanggul Kali Buaran di Perumahan Rooswood Garden, Serua, Ciputat, Kota Tangsel , Selasa (3/5/2022). Tanggul Kali Buaran ini jebol Sabtu (30/4/2022).
Perbaikan tanggul Kali Buaran di Perumahan Rooswood Garden, Serua, Ciputat, Kota Tangsel , Selasa (3/5/2022). Tanggul Kali Buaran ini jebol Sabtu (30/4/2022). (Tribun Tangerang/Rizki Amana)

Tanggul jebol

Banjir di Perumahan Rooswood Garden, Serua, Ciputat, Kota Tangsel disebabkan karena tanggul Kali Buaran jebol, Senin (2/5/2022).

Menurut ketua RT Hendri, tanggul jebol diduga karena terjadi penyempitan aliran Kali Buaran akibat pembangunan Tol Serpong-Cinere.

Hendri menduga, tanggul jebol itu akibta tak kuat menahan aliran air deras saat hujan intensitas tinggi melanda Kota Tangsel, Sabtu (30/4/2022).

"Banjir ini mulai sejak tanggal Sabtu (30/4/2022) atau H-2 sebelum Lebaran karena tembok kita jebol akibat debit air dari Setu Pamulang," katanya.

Sejak perumahan ini dibangun pada tahun 2012 silam tak pernah mengalami bencana banjir. 

Namun, banjir mulai melanda tahun ini sejak terjadi penyempitan aliran Kali Buaran yang melintasi perumahan tersebut. 

"Akibat aliran diperkecil dari pembangunan jalan Tol Serpong-Cinere."

Dari 2019 sudah diperkecil jadi dampaknya ini kita kena banjir karena aliran Kali Buaran dari Setu Pamulang Square diperkecil," katanya. 


 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved