Arus Mudik 2022

Polda Banten Terapkan 3 Skenario Antisipasi Lalu Lintas saat Puncak Arus Balik di Pelabuhan Merak

Polda Banten mempersiapkan 3 skenario rekayasa lalu lintas dalam menghadapi puncak arus balik mudik Lebaran 2022.

Tribun Tangerang/Gilbert Sem Sandro
Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Budi Mulyanto (kiri) (kiri) mengatakan, menerapkan 3 strategi untuk menangani puncak arus balik Lebaran. Dia mengatakannya di kantor Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Merak, Kamis (5/5/2022) malam. 

TRIBUNTANGERANG.COM, MERAK - Polda Banten mempersiapkan 3 skenario rekayasa lalu lintas dalam menghadapi puncak arus balik mudik Lebaran 2022.

Puncak arus balik pemudik Lebaran  tiba di Pelabuhan Merak diperkirakan berlangsung Sabtu- hingga Senin (7-9/5/2022).

Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Budi Mulyanto mengatakan, 3 skenario pelayanan arus balik mudik Lebaran tersebut yakni situasi hijau, kuning, dan merah.

Situasi hijau ketika arus lalulintas berlangsung normal.

Situasi kuning diterapkan apabila terdapat antrean kendaraan dan situasi merah saat arus lalu lintas dalam kondisi macet total berkepanjangan.

"Saat situasi hijau, personel yang bertugas akan melakukan pengaturan dan pengawasan kepada pengendara yang melintas," ujar Budi Mulyanto.

Baca juga: Puncak Arus Balik Mudik Lebaran 2022 di Pelabuhan Merak Diprediksi Sabtu hingga Senin Mendatang

Baca juga: Arus Balik Lebaran 2022 di Pelabuhan Merak Semakin Meningkat, Capai 68 Ribu pada H+3 

Budi Mulyanto mengatakannya saat diwawancarai awak media di kantor Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Merak, Kamis (5/5/2022) malam.

"Pada situasi kuning, rekayasa lalin diarahkan pada contra flow dengan memberdayakan 2 lajur Jalan Tol Cikupa arah Merak untuk digunakan pengendara arus balik Gerbang Tol Cikupa arah Jakarta."

Khusus untuk menghadapi situasi merah, Polda Banten akan mengalihkan arus lalu lintas menuju GT Cikupa ke gerbang tol sebelumnya, baik di Balaraja Timur, Balaraja Barat.

Serta gerbang tol lainnya sesuai kebutuhan, kendaraan dialihkan ke jalur arteri.

Untuk mengurai kepadatan kendaraan di pintu Tol Merak dan Tol Cikupa selama puncak arus balik, polisi telah berkoordinasi dengan pengelola tol untuk mengerahkan petugas tambahan.

Baca juga: Zahra Bantu Ibunda Berjualan di Rest Area Km 71 Tol Jakarta- Cikampek saat Libur Lebaran

Baca juga: Menko PMK Muhadjir Effendy Prediksi Arus Balik Mudik Lebaran 2022 Mulai Malam Ini

Sistem jemput bola untuk melakukan tap kartu tol kendaraan yang antre akan diterapkan apabila terjadi kepadatan pengendara.

"Dengan demikian diharapkan pelayanan pembayaran online di gerbang tol berjalan lebih cepat sehigga kepadatan lebih cepat terurai," ucapnya. 

Kendati demikian, masyarakat tetap diimbau untuk kembali pulang dari aktivitas mudik lebih dulu untuk mencegah kepadatan pemudik saat puncak arus balik berlangsung.

"Dengan kesiapan, sinergi dan kolaborasi, InshaAllah kita semua dapat melaksanakan kegiatan arus mudik ini dengan baik sesuai dengan ekspektasi yang diinginkan masyarakat."

"Kita berharap, kondisi alam dan cuaca juga dapat bersahabat, agar proses turun naik penumpang dapat berjalan dengan lancar saat kembali ke Pelabuhan Merak ini," kata Budi Mulyanto. 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved