Lifestyle

Makanlah dengan Perlahan, Selain Lebih Nikmati juga Menghindari Risiko Gangguan Pencernaan

Sistem pencernaan memiliki peran besar dalam tubuh, dari mencerna makanan menjadi nutrisi dan energi bagi tubuh dan membuang yang tidak bisa dicerna

Penulis: | Editor: Lilis Setyaningsih
Healthline
Makanan dari beragam biji-bijian disebut granola termasuk dalam kategori makanan sehat. Makanan biji-bijian ini mendapat skor 65 dari rentang skor 1-100 untuk kategori makanan paling buruk hingga makanan paling sehat. 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG – Sering kita mendengar ungkapan 'kamu adalah apa yang kamu makan.

Pasalnya apa yang kita makan akan mempengaruhi kesehatan dan kehidupan kita. 

Secara umum, pola makan dan gaya hidup memiliki dampak besar pada kesehatan sistem pencernaan.

Sistem pencernaan memiliki peran besar dalam tubuh, mulai dari mencerna makanan menjadi nutrisi dan energi bagi tubuh, dan bertanggung jawab untuk memisahkan dan membuang sisa makanan yang tidak bisa dicerna oleh tubuh.

Baca juga: 7 Bahan Makanan Sehat dan Tahan Lama Ini Harus Anda Miliki saat Ramadhan

Selain itu, saluran pencernaan adalah pemain kunci dalam kekebalan tubuh, karena dapat membantu melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus.

Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training, Herbalife Nutrition, Susan Bowerman mengatakan banyak orang kurang memperhatikan kesehatan sistem pencernaan mereka.

Diantaranya terlalu sering mengonsumsi makanan olahan, makan dengan porsi terlalu banyak atau makan terlalu cepat, dan biasanya kita cenderung tidak terlalu memperhatikan sampai terjadi sesuatu yang salah.

Kabar baiknya dengan menjaga pola makan dengan benar, saluran pencernaan dirancang dengan baik untuk merawat sistem tubuh secara alami.

Baca juga: Olahraga dan Makan Sehat Sangat Penting untuk Kesehatan Fisik dan Mental Anda

Susan mengatakan menjaga pola makan dengan nutrisi dan seimbang membantu menyehatkan semua sel-sel pada tubuh, termasuk pada saluran pencernaan.

Dengan cukup menyediakan makanan yang kaya akan serat, memastikan cukup cairan dan olahraga yang teratur.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved