Kebijakan Buka Masker

Ariza Bilang, Kebijakan Buka Masker Menandai Jakarta dan Indonesia Semakin Membaik Masalah Covid-19

Ariza Yakin Jakarta Mampu Ikuti Kebijakan Jokowi soal Lepas Masker di Ruang Terbuka

istimewa/STPI
Penggunaan masker saat pandemi Covid-19 sangat berguna untuk mencegah penularan 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meyakini warga Jakarta mampu mengikuti kebijakan Presiden Jokowi soal lepas masker di ruang terbuka.

Soalnya Jakarta telah memiliki fasilitas sarana dan infrastruktur, serta sumber daya manusia (SDM) yang memadai untuk mendukung langkah pemerintah pusat.

“Kalau Jakarta itu kan kami ini punya dukungan fasilitas, dukungan jaringan yang cepat dan luas. Kemudian infrastruktur yang baik dan SDM yang baik InsyaAllah,” kata Ariza di Balai Kota pada Selasa (17/5/2022) malam.

“Kebijakan apapun yang diputuskan Pempus kami kami dengan cepat menyesuaikan, mengikuti kebijakan dan melaksanakn kebijakan tersebut,” lanjut Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta ini.

Baca juga: Jokowi Jadi Sorotan Warga Malaysia Gara-Gara Sepatu Harga Rp 300.000

Karena itulah, Ariza mengungkapkan pemerintah daerah mendukung langkah Jokowi.

Bahkan mantan anggota DPR RI Fraksi Gerindra ini merasa senang dengan kebijakan tersebut karena sudah banyak negara lain yang melonggarkan penggunaan masker.

“Kami ikut senang bersyukur dan mendukung, itu menandai bahwa di Jakarta dan Indonesia sudah mulai semakin membaik terkait masalah Covid-19,” ujar Ariza.

Menurut dia, pemerintah daerah tentu akan mendukung segala kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pusat.

Baca juga: Merespons Undangan Jokowi, Bos Tesla Elon Musk Berencana ke Indonesia November 2022

Dia menyadari kebijakan itu tidak dikeluarkan secara instan, tetapi melalui kajian yang matang melalui berbagai lembaga pemerintahan.

“Kami akan mendukung program itu sekalipun itu belum diperkenankan bagi lansia dan juga komorbid belum bisa (membuka masker),” ucapnya.

Dikutip dari Kompas.com, Presiden Joko Widodo mengumumkan pelonggaran aturan memakai masker untuk masyarakat di Tanah Air.

Menurut Presiden, pelonggaran ini sebagai tindak lanjut atas kondisi penanganan pandemi Covid-19 yang semakin membaik.

Baca juga: Pengguna Transportasi Publik Masih Wajib Pakai Masker, Pelonggaran untuk Kegiatan di Luar Ruangan

“Dengan memperhatikan kondisi saat ini, di mana penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia semain terkendali, maka perlu saya menyampaikan beberapa hal,” ujar Jokowi dalam keterangan video pada Selasa (17/5/2022) sore.

“Pertama, pemerintah memutuskan melonggarkan kebijakan memakai masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di tempat atau area terbuka yang tidak ada orang, maka diperbolehkan tidak memakai masker," jelasnya.

Namun untuk kegiatan di ruangan tertutup dan di alat transportasi, Jokowi menegaskan bahwa masyarakat tetap harus memakai masker.

Selain itu, Kepala Negara menekankan, pemakaian maker tetap disarankan kepada masyarakat lanjut usia (lansia), penderita komorbid (penyakit bawaan), serta kepada mereka yang mengalami gejala batuk dan pilek.

“Demikian juga masyarakat yang mengalami gejala batuk pilek dan lain-lain, tetap gunakan masker saat beraktivitas,” kata Jokowi. (faf) 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved