Penemuan bayi

Pelaku Pembuangan Bayi di Kali Ciliwung Ternyata Mahasiswi, Kini Dirawat di RSCM akibat Pendarahan

Tidak perlu waktu lama bagi polisi untuk menemukan pelaku pembuang bayi yang ditemukan di tepi Ciliwung, Rabu (1/6/2022).

Penulis: Rendy Rutama | Editor: Lilis Setyaningsih
Tribun Tangerang/Rendy Rutama
Iptu Sri Yatmini selaku Kanit Perlindungan dan Anak (PPA) Polres Metro Jakarta Timur saat Press Release di RS Polri, Kramatjati, Jakarta timur, Kamis (2/6/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA -- Tidak perlu waktu lama bagi polisi untuk menemukan pelaku pembuang bayi yang ditemukan di tepi Ciliwung, Rabu (1/6/2022).

Iptu Sri Yatmini selaku Kanit Perlindungan dan Anak (PPA) Polres Metro Jakarta Timur menjelaskan kronologi secara rinci terkait pembuangan bayi berjenis perempuan itu. 

Kejadian tersebut bermula saat MS merasa dirinya mengalami mulas, sehingga ia berfikir jika hal tersebut disebabkan ingin buang air besar (BAB).

Namun nyatanya salah.

Baca juga: Puskesmas Jatinegara Diduga Menolak Merawat Bayi Luka dan Kedinginan yang Ditemukan di Kali Ciliwung

MS tidak mengira jika hal tersebut merupakan bagian dari kontraksi janin kandungannya, yang diduga karena ia pernah berhubungan badan dengan beberapa lelaki.

Setelah itu, MS kemudian melahirkan secara individu, dan tidak dengan bantuan medis ataupun orang lain di kamar mandi, tepatnya pada kloset.
 
"Pelaku ke kamar mandi, segera yang bersangkutan melahirkan di kamar mandi di kloset jongkok," kata Sri saat menyampaikan press release di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (2/6/2022). 

"Selanjutnya yang bersangkutan katanya panik setelah lahir bayi itu, tali pusarnya dipotong (oleh pelaku) sendiri dengan gunting," lanjutnya.

Baca juga: Didengar Warga Seperti Suara Kucing, Bayi Penuh Darah di Tepi Sungai Ciliwung Berhasil Diselamatkan

Mengetahui hal tersebut, MS sontak panik lalu membungkus bayi tersebut dengan balutan daster miliknya, untuk kemudian di letakkan pada kantong plastik kresek berwarna hitam.

"Pelaku keluar dari rusun (rumah susun). Terus naik ojek pangkalan di situ. Kemudian minta ke tukang ojek, dia mengaku ingin berobat ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM)," ujarnya.

Saat perjalanan menuju Rumah Sakit, MS memohon kepada tukang ojek yang ditumpanginya untuk sejenak berhenti di wilayah sekitar Kalo Ciliwung, Jakarta Timur.

Untuk kemudian, pelaku lalu membuang bayi perempuan yang tidak berdosa tersebut di tepi Kali Ciliwung, dan selanjutnya pergi meninggalkan begitu saja pada Rabu (1/6/2022) dinihari lalu.

Baca juga: Bayi yang Ditemukan di Tepi Sungai Ciliwung, Kini Dirawat di RS Polri


"Dalam perjalanan menuju RSCM melewati kali di dekat situ, kemudian pelaku minta turun sebentar dari tukang ojek tersebut untuk membuang bayi," lugasnya.

Setelah membuang bayi tersebut, MS kemudian melanjutkan perjalanan bersama tukang ojeknya menuju RSCM, Jakarta Pusat.

Tujuan MS ke RSCM yakni untuk keperluan penanganan kepada dirinya, sebab ia mengalami pendarahan hebat sesudah melakukan proses lahiran secara individu tanpa bantuan medis.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved