Iduladha 2022

Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Kerahkan 289 Petugas Pantau Proses Pemotongan Hewan Kurban

Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Kerahkan 289 Petugas, guna Memantau Proses Pemotongan Hewan Kurban di Seluruh Kelurahan 

Tribun Tangerang/Gilbert Sem Sandro
Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Kerahkan 289 Petugas, guna Memantau Proses Pemotongan Hewan Kurban di Seluruh Kelurahan, pada Minggu (10/7/2022) 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Sebanyak 289 petugas dikerahkan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang untuk memantau pemotongan hewan kurban, pada Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah.

Kepala DKP Kota Tangerang, Abduh Surahman mengatakan, 289 petugas yang diturunkan terdiri dari tujuh dokter hewan, dua paramedis beteriner, 11 penyuluh, 10 dokter hewan PDHI, 51 pegawai DKP dan 208 satgas hewan kurban.

Ratusan petugas tersebut dikerahkan untuk memantau pemotongan hewan kurban, di tengah merebaknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kota Tangerang.

"DKP Kota Tangerang mengerahkan 289 petugas yang disebar ke 104 kelurahan se-Kota Tangerang yaitu dua satgas terlatih dan dua pegawai DKP di tingkat Kecamatan," ujar Abduh Surahman kepada awak media, Minggu (10/7/2022).

Baca juga: Masjid Raya Al-Azhom Terima 29 Hewan Kurban, Sebagian Disebar ke 13 Kecamatan

Baca juga: Pelarian Kerbau Teluknaga yang Ngamuk dan Berlari Hingga 8 Km, Berujung Ditembak di Bandara Soetta

"Para petugas ini bertugas untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban sebelum dan sesudah penyembelihan, secara antemortem dan postmortem," imbuhnya.

Abduh menjelaskan, pemeriksaan secara antemortem yaitu, memeriksa fisik hewan yang akan dikurban, guna memastikan terhindar dari PMK. 

Sedangkan tindakan postmortem ialah memeriksa seluruh bagian tubuh usai penyembelihan, yaitu memeriksa bagian jeroan, hati, paru hingga jantung. 

Nantinya, apabila ditemukan bagian tubuh hewan kurban pada tersebut, akan dibuang dengan cara menanam pada lubang yang telah disediakan.

Baca juga: Hendak Disembelih untuk Kurban, Kerbau di Teluknaga Ngamuk dan Kabur ke Area Bandara Soetta

Baca juga: Keluarga Atta Halilintar Kurban 9 Sapi, Idul Adha Tahun Ini Perayaan Kurban Terbesar


Hal tersebut dilakukan, guna meminimalisir penyebaran wabah PMK pada peternak di Kota Tangerang.

"Memastikan hati, paru-paru, hingga jantung hewan kurban bebas dari cacing. Jika ditemukan cacing hati, dipastikan harus dibuang atau disarankan untuk tidak dikonsumsi," kata dia. 

"Di sini ketidaklayakan konsumsi tersebut petugas yang diturunkan harus memastikan bagian-bagian tersebut dibuang ke lubang yang telah disediakan," terangnya.

Menurutnya, khusus hewan kurban yang terindikasi PMK ringan atau sudah waktunya untuk sembuh, akan lebih diteliti untuk memeriksa bagian mulut dan kaki. 


Dengan demikian, daging ataupun bagian dari tubuh hewan kurban yang dibagikan le masyarakat, dapat dipastikan aman dan layak untuk dikonsumsi.

"Supaya seluruh bagian tubuh dari hewan kurban yang dibagikan itu, dapat diterima, diolah dan dikonsumsi oleh masyarakat dalam kondisi aman dan layak," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, personil DKP Kota Tangerang juga telah melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban yang disumbangkan ke Masjid Raya Al-Azhom.

Pemeriksaan tersebut dilakukan, saat hewan kurban yang disumbangkan itu diturunkan dan tiba di Masjid Raya Al-Azhom.

Baca juga: Tidak Sembarangan Orang Diizinkan Menyembelih Hewan Kurban, Ini Cara dan Niat Doanya

Baca juga: Sapi Kurban Melompat ke Sumur, Warga Panggil Petugas Pemadam Kebakaran

Kemudian pemotongan hewan kurban pun dilakukan oleh petugas dari Rumah Potong Hewan (RPH), dan diawasi oleh DKP Kota Tangerang.

"Jadi semua hewan kurban yang sudah ada di Al-Azhom ini sudah diperiksa oleh DKP saat turun dan Alhamdulillah dipastikan sehat semua," ucap Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin.

"Kita sudah siapkan dari segi tempat pemotongan dan pelaksanaannya sesuai dengan protokol kesehatan, InshaAllah berjalan lancar semua," jelasnya. (M28)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved