Citayam Fashion Week

Anies Baswedan Tak Larang Bonge dkk Gunakan Zebra Cross Dukuh Atas Sudirman untuk Catwalk

Menurut Anies Baswedan, selama belum ada surat maka belum ada ketentuan soal larangan itu.

Tribun Tangerang/Alfian Firmansyah
Sekumpulan remaja SCBD (Sudirman, Citayam, Bojonggede, dan Depok) menggelar fashion show di jalur zebra cross Dukuh Atas, Jakarta Pusat. 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan tidak melarang Eka Saputra alias Bonge dan kawan-kawan nongkrong di kawasan Dukuh Atas Sudirman, Jakarta Pusat.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini, lalu mempertanyakan kabar Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat yang melarang mereka berkumpul untuk menggunakan zebra cross sebagai catwalk saat menggelar Citayam Fashion Week.

 

Baca juga: Anies Baswedan Sanjung Remaja yang Berani Gelar Citayam Fashion Week di Dukuh Atas Sudirman

 

“Ada suratnya (larangan) nggak? Selama belum ada surat maka belum ada larangan. Iya dong, masak (larangan) dengan kutipan (lisan),” kata Anies di Balai Kota DKI, Jumat (22/7/20222).

Meski acara yang digelar di jalur penyeberangan orang melalui zebra cross itu dianggap membahayakan, namun Anies tetap keukeuh larangan yang dikeluarkan anak buahnya tersebut harus memakai surat.

Kata Anies, selama belum ada surat maka belum ada ketentuan soal larangan itu.

“Kalau sebuah aturan, maka tanya ada (atau) tidak surat keputusannya. Kalau ada surat keputusannya, berarti itu sebuah ketetapan. Kalau tidak ada surat keputusannya maka itu bukan ketentuan,” ujarnya. 

Menurut Anies, kebijakan dikeluarkan melalui regulasi yang ada.

Begitupula peraturan yang dibuat negara ini, tentu memiliki ketetapan dasar hukum yang kuat.

“Bagaimana bisa ditegakkan di lapangan kalau tidak ada surat ketentuan. Jadi nggak bisa Negara itu tidak mengatur lewat doorstop (tanya langsung). Negara itu tidak diatur lewat komentar, negara itu diatur lewat regulasi. Selama tidak ada regulasinya, berarti tidak ada larangan. Gitu aja ya,” jelas Anies.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat tegas melarang kegiatan fashion show yang menggunakan zebra cross di kawasan Dukuh Atas, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Akibat remaja viral yang lakukan Fashion Week Citayam menggunakan kawasan setempat, Pemkot Jakpus minta mematuhi peraturan.

"Jangan bikin acara catwalk-nya atau fashion show di zebra cross, Mohon semuanya patuhi aturan-aturan tentang pemakaian trotoar," tegas Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi, Kamis (21/7/2022)

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved