Berita Tangerang Raya

Hari Ini Wapres Ma'ruf Amin Datang ke Teluknaga Kabupaten Tangerang, Peringati Hari Mangrove Sedunia

Wapres Republik Indonesia Ma'ruf Amin akan memimpin penanaman mangrove di Pantai Tanjung Pasir, Teluknaga,Kabupaten Tangerang, Selasa (26/7/22)

Tribun Tangerang/Gilbert Sem Sandro
Persiapan Kedatangan Wapres Ma'ruf Amin ke Pantai Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang, dalam Peringati Hari Mangrove Sedunia, Selasa (26/7/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG -- Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Ma'ruf Amin akan datang ke Tangerang pada Selasa (26/7/2022) pagi ini.

Kedatangan orang nomor dua di Indonesia itu bertujuan untuk memimpin kegiatan penanaman mangrove di Pantai Tanjung Pasir, Teluknaga, Kabupaten Tangerang.

Acara penanaman mangrove ini akan diselenggarakan secara serentak dengan menanam 1.000.377 bibit mangrove di 77 lokasi jajaran TNI Angkatan Laut (AL) di seluruh Indonesia.

"Dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia sekaligus menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI, TNI AL menggelar kegiatan penanaman mangrove nasional serentak di seluruh wilayah Indonesia," ujar Julius Widjojono, Laksamana Pertama TNI dalam keterangannya.

Julius mengatakan, kegiatan penanaman mangrove secara serentak merupakan salah satu upaya TNI AL dalam mengoptimalkan pembinaan potensi maritim, serta menyiapkan kemampuan wilayah pertahanan laut dan kekuatan pendukungnya secara dini.

Hutan mangrove dinilai memiliki peran penting dalam menjaga garis pantai agar tetap stabil.

Kehadiran populasi pohon dan semak yang ada pada hutan mangrove tersebut dapat melindungi tepian pantai dari terjangan ombak langsung yang berpotensi menghantam dan merusak bibir pantai. 

Selain itu, mencegah dan mengurangi dampak kerusakan akibat bencana tsunami, merangsang perlindungan keanekaragaman hayati serta meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pemanfaatan vegetasi hutan mangrove.

"Hutan mangrove berperan penting dalam melindungi pantai dan tebing sungai dari kerusakan, seperti erosi, abrasi dan intrusi, serta peremajaan dan pemeliharaan ekosistem di wilayah pesisir dan pulau-pulau agar terhindar dari abrasi pantai oleh air laut," kata dia.

Baca juga: Sapi Kurban Terperosok di Depan Rumah Wapres, Butuh Waktu 4 Jam untuk Evakuasi

Baca juga: Pemerintah Gelar Sayembara Desain Istana Wapres dan Tempat Ibadah

Melalui pantauan Wartakotalive.com, persiapan penyambutan kedatangan Ma'ruf Amin telah dilakukan sejak pukul 06.00 WIB.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved