Liga 1

Banten International Stadium Gigit Jari, RANS Nusantara FC Pilih Bermarkas di Stadion Pakansari

RANS Nusantara FC resmi bermarkas di Stadion Pakansari Bogor. Klub milik Raffi Ahmad ini urung bermarkas di Banten International Stadium

Editor: Ign Prayoga
Twitter @RANSFC_
Raffi Ahmad dan Ronaldinho hadir di acara launching jersey RANS Nusantara FC, Juni 2022. RANS Nusantara FC sempat melirik Banten International Stadium (BIS) sebagai homebase. Nyatanya, kini RANS Nusantara FC memilih bermarkas di Stadion Pakansari Bogor. 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA -- Klub milik Raffi Ahmad, RANS Nusantara FC resmi bermarkas di Stadion Pakansari Bogor.

RANS pernah menjajaki Banten International Stadium (BIS) sebagai homebase. Kini, klub yang semula bernama RANS Cilegon FC tersebut, berpaling dari BIS dan memilih Stadion Pakansari.

Debut kandang RANS Nusantara FC di Liga 1 2022/2023 adalah melawan PSS Sleman, Jumat (29/7/2022) pukul 20.30 WIB.

Para pemain dan seluruh staf pelatih sangat bersemangat menyambut laga perdana di markas baru.

Sebagai catatan, Stadion Pakansari menjadi saksi atas perjuangan RANS Nusantara FC yang berhasil promosi ke Liga 1 pada turnamen Liga 2 musim lalu.

Melihat persiapan yang sudah dilakukan untuk menjadi tuan rumah di laga yang akan datang, Raffi Ahmad selaku Chairman Rans Nusantara FC optimis jika pertandingan nanti akan berjalan baik serta bisa menghibur masyarakat luas khususnya masyarakat kabupaten Bogor dan sekitarnya.

"Harapannya semoga semua berjalan lancar, pertandingannya bisa menghibur seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Bogor dan sekitarnya," ungkap Raffi Ahmad lewat pernyataan resminya, Rabu (27/7/2022).

"Semoga dengan adanya RANS di Pakansari ini bisa bermanfaat bagi kemajuan industri sepak bola maupun industri lainnya di sekitar Bogor, pokonya saya minta doa dan dukungan dari semuanya," lanjut Raffi Ahmad.

Sebelumnya pada Rabu (20/07/22) Raffi Ahmad beserta jajaran management RANS Nusantara FC menemui Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan di kantor Bupati Bogor untuk mengukuhkan kerja sama sinergis antara RANS dan PemKab, serta komunitas sepak bola Kab Bogor.

"Mudah-mudahan RANS bisa memberikan kontribusi positif untuk Kabupaten Bogor dan Sekitarnya," ungkap Raffi.

Bagi seluruh masyarakat yang ingin menyaksikan pertandingan secara langsung di stadion Pakansari, diharapkan telah melakukan vaksin booster dan tetap menjalankan protokol Kesehatan pada saat berada di area stadion.

Adapun harga tiket untuk laga RANS Nusantara FC vs PSS Sleman yaitu Tribun Utara Rp 50.000, Tribun Timur Rp 50.000, VIP Rp 150.000 dan VVIP Rp 200.000.

Tiket bisa didapatkan dengan melakukan pembelian melalui tiket.com dengan nama event BRI Liga 1 2022 (RANS Nusantara FC vs PSS Sleman).

Sementara itu, RANS Nusantara FC sukses menjalani debut mereka di Liga 1 2022/2023 dengan terhindar dari kekalahan.

Tim Raffi Ahmad itu mampu menahan imbang PSIS Semarang pada pertandingan Sabtu (23/7/2022) lalu di Stadion Jatidiri Semarang dengan skor 1-1.

RANS Nusantara FC sempat tertinggal oleh gol PSIS yang dicetak Taisei Marukawa dari titik putih di menit ke-75.

Namun berhasil disamakan RANS berkat gol Makan Konate di menit ke-85 yang membuat pertandingan berakhir imbang 1-1

Baca juga: Ornamen Bangunan Banten International Stadium Terinspirasi dari Budaya Badui

Beberapa waktu lalu, Direktur Operasional RANS Nusantara FC, Darius Sinathrya, mengungkapkan alasan tim meninggalkan nama RANS Cilegon FC.

Menurutnya, pergantian nama dilakukan untuk memperluas basis suporter. RANS Nusantara FC resmi menjadi nama yang diusung klub promosi Liga 1 2022-23.

"Namanya kan RANS Nusantara. Artinya kami ingin menggaet para suporter dari Indonesia, baik itu fans Raffi Ahmad, pecinta sepak bola Cilegon dan Indonesia. Jadi visinya ke sana," ujar Darius di Bandung, Senin (30/5/2022).

Darius menambahkan, perubahan nama RANS tidak serta-merta menghilangkan jejak Cilegon dan Provinsi Banten. RANS tak bisa dilepaskan dari Cilegon yang merupakan akar klub, meski logo akan berubah.

"Kami dari awal selalu mengatakan bahwa akarnya RANS Cilegon yang kini berubah menjadi RANS Nusantara tetap dari Banten. Klub akan menjadi representasi Provinsi Banten dalam jangka panjang," kata Darius dikutip dari Kompas.com.

"Logo masih akan berwarna ungu tetapi akan berganti meski perubahannya cuma sedikit. Peluncurannya nanti menunggu pra-musim selesai," kata dia.

Baca juga: Andika Hazrumy Merinding Dengar Suara Sound System Banten International Stadium

Perubahan nama RANS ini disahkan dalam Kongres Biasa PSSI 2022 di Bandung pada Senin (30/5). Ada total 22 klub dari Liga 1 hingga Liga 3 yang mengajukan perubahan nama.

Rinciannya, Liga 1 ada empat klub yakni Martapura Dewa United yang berubah menjadi Dewa United FC, Borneo FC menjadi Borneo FC Samarinda, Tira Persikabo menjadi Persikabo 1973 dan RANS.

Dari Liga 2, klub Putra Safin Grup, yang sempat dikenal sebagai AHHA PS Pati, berubah menjadi FC Bekasi City. Meski demikian, domisili klub masih di Pati.

Sementara di Liga 3, ada 17 klub yang mengubah nama. Spektra FC menjadi Spektra Trisula FC, Persikawa FC menjadi Putra Way Kanan FC, Bintang Junior FC menjadi Internazionale Banten, Laskar Muda FC menjadi Taruma FC, Persebam FC menjadi Depok City FC dan Carsurin Tribins FC menjadi R2B Legend FC.

Klub Liga 3 lain yang bersalin nama adalah Kobamania FC jadi Kobamania Cimahi Putra FC, Putra Surya Magetan Connection jadi Safin Pati PC, Mataram Utama FC jadi Nusantara United FC, Cahaya Muda Pamekasan jadi Cahaya Madura Muda, dan Putra Jombang jadi Putra Delta Sidoarjo.

Begitu pula Persema 1953 jadi AFA Syailendra, Sumbersari FC jadi NZR Sumbersari, PS Bone Bolango jadi Bonebol FC, PS Pahuwato jadi PSP Pahuwato, Persitoli FC jadi Toli FC dan Babel United. (Rendy Renuki)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved