Mangrove

Sempat Kecolongan Ekspor Ilegal, KASAL Tegaskan Jaga Ketat Penggunaan Mangrove

TNI AL akan menjaga ketat penggunaan mangrove di Indonesia termasuk ekspor ilegal.

Tribun Tangerang/Gilbert Sem Sandro
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono memimpin pelaksanaan penanaman 1.000.377 bibit mangrove secara serentak, di Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Selasa (26/7/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM, TELUKNAGA -- TNI AL akan menjaga ketat penggunaan mangrove di Indonesia termasuk ekspor ilegal.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, pihaknya akan melakukan pengawasan secara ketat terhadap pengunaan mangrove di Indonesia.

Pasalnya, Yudo mengaku sempat kecolongan akan adanya aksi ekspor mangrove secara ilegal melalui jalur pendistribusian laut.

"Saya sudah perintahkan kepada seluruh jajaran, agar jangan sampai terjadi lagi aksi merusak mangrove yang dijadikan arang kemudian diekspor keluar negeri," ujar Laksamana TNI Yudo Margono kepada awak media,  dalam acara penanaman bibit mangrove di Teluknaga,Selasa (26/7/2022).

TNI Angkatan Laut (AL) memperingati hari mangrove sedunia dengan menanam 1.000.377 bibit mangrove di 77 lokasi seluruh Indonesia.

Gelaran penanaman mangrove yang mendapatkan rekor MURI dan dunia tersebut dipusatkan pada Pantai Tanjung Pasir, Teluknaga, Kabupaten Tangerang.

"Karena sebelumnya pernah kejadian pada beberapa tahun yang lalu, bahwa adanya aksi yang tidak pantas tersebut," imbuhnya.

Yudo menegaskan, telah memerintahkan kepada seluruh jajaran untuk melakukan patroli rutin di jalur pendistribusian laut, guna mengantisipasi hal tersebut.

"Saya perintahkan ke seluruh jajaran supaya rutin patroli di jalur seperti Selat Malaka dan Selat Singapur, supaya tidak terjadi kerusakan mangrove yang dipakai untuk kayu arang lagi," tegasnya.

Baca juga: TNI AL dan Siti Nurbaya Bakar Pecahkan Rekor Muri dan Dunia saat Peringatan Hari Mangrove

Baca juga: Hari Ini Wapres Maruf Amin Datang ke Teluknaga Kabupaten Tangerang, Peringati Hari Mangrove Sedunia

Yudo menjelaskan, pihaknya kini telah melakukan sosialisasi terhadap masyarakat terkati tata cara budidaya dan pemberdayaan mangrove.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved