Berita Tangerang Raya

Tak Sanggup Lagi Pelihara, Buaya Rawa Sepanjang 1,5 Meter Dievakuasi Petugas Damkar dari Rumah Warga

Seekor buaya rawa berukuran 1,5 meter dievakuasi oleh petugas pemadam dan penyelamatan Kota Tangerang Selatan dari rumah warga di Kedaung, Tangsel.

Tribun Tangerang/Rafzanjani Simanjorang
Buaya Rawa Sepanjang 1,5 Meter Dievakuasi Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangerang Selatan 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG -- Seekor buaya rawa berukuran 1,5 meter dievakuasi oleh petugas pemadam dan penyelamatan Kota Tangerang Selatan dari rumah warga di Kedaung, Tangsel.

Muhammad Sigit, selaku komandan regu tim Bravo Damkar Tangsel menyebut proses evakuasi dilakukan Minggu (31/7/2022) malam kemarin sekitar pukul 19:00 WIB.

"Tadi malam kami menerima laporan dari salah satu warga Kedaung, dia memelihara buaya rawa dengan berat kurang lebih 50 kilo, dengan panjang 1,5 meter. Dikarenakan warga tersebut tidak bisa memelihara lagi maka diserahkan ke pemadam kebakaran Tangerang Selatan," ujarnya saat ditemui di lapangan kantornya, Kelurahan Jelupang, Serpong Utara, Senin (1/8/2022).


Dalam proses evakuasi, Sigit menyebut ada rintangan karena buaya tersebut sempat liar karena tidak mengenal petugas.

Proses evakuasi pun berlangsung sekitar 20 menitan. 

Adapun peralatan yang digunakan timnya adalah tali, kain penutup, dan solatip.

"Alhamdulillah, dalam proses evakuasi tidak ada yang terluka. Tadinya buaya tersebut di dalam kolam, tapi setiba kami di lokasi, sudah berada di ruang tamu," katanya.

Baca juga: Proses Evakuasi Korban Kecelakaan Truk Pertamina, Terhimpit di Kolong Hingga Antisipasi Kebakaran

Baca juga: Sapi Kurban Terperosok di Depan Rumah Wapres, Butuh Waktu 4 Jam untuk Evakuasi

Lanjutnya, buaya berusia lima tahun tersebut pun kini berada di mako damkar Tangsel, dan timnya berencana untuk menghubungi komunitas pecinta buaya nantinya. 

Sementara itu, Sigit menghimbau bagi warga yang memelihara hewan buas agar memberi sarana yang baik untuk hewan tersebut, atau jika tak sanggup agar memberikan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). (Raf)

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved