Info Bandara PCB

Lebih Cepat dari Haryanto, Inilah Jadwal Penerbangan Wings Air Rute Pondok Cabe-Cepu

Penerbangan komersial Pondok Cabe ke Cepu dan Purbalingga akan dimulai, Jumat (5/8/2022). Penerbangan ini menggunakan pesawat ATR 72.

Penulis: Rafzanjani Simanjorang | Editor: Ign Prayoga
Tribunnews/Jeprima
Alat berat melakukan revitalisasi Bandara Pondok Cabe di Tanggerang Selatan, Banten, Sabtu (7/1/2016). Mulai 5 Agustus 2022 Bandara Pondok Cabe melayani penerbangan berjadwal tujuan Purbalingga dan Cepu di Jawa Tengah. 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGSEL -- Penerbangan komersial rute Pondok Cabe-Cepu akan dibuka mulai, Jumat 5 Agustus 2022. Pada waktu bersamaan dibuka juga penerbangan komersial Pondok Cabe-Purbalingga.

Seluruhnya penerbangan tersebut akan menggunakan pesawat ATR 72 yang merupakan pesawat baling-baling.

Corporate Communications Strategic of Wings Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, Wings Air akan melayani penerbangan komersial dari Bandara Pondok Cabe mulai 5 Agustus 2022.

"Rute-rute yang akan dilayani dari Bandara Pondok Cabe menuju Purbalingga dan juga Cepu, Blora,” kata Danang, Rabu (3/8/2022).

"Operasional penerbangan dari dan ke Bandara Pondok Cabe ini diharapkan dapat memperpendek jarak antar daerah, mempersingkat waktu perjalanan, menarik kunjungan pebisnis dan wisatawan dan pengembangan potensi daerah berbasis kearifan lokal," kata Danang.

Kehadiran penerbangan langsung Pondok Cabe ke Cepu, Kabupaten Blora, Jateng, akan menambah pilihan bagi masyarakat.

Selama ini, penerbangan terdekat ke Cepu adalah penerbangan tujuan Semarang dan Solo.

Sedangkan moda darat yang tersedia adalah kereta api dan bus. Salah satu bus favorit bagi warga Cepu dan sekitarnya adalah bus Haryanto.

Pembukaan Bandara Pondok Cabe untuk penerbangan komersial ini diumumkan pemerintah Kota Tangerang Selatan lewat akun Instagram resmi @pemkottangsel.

Dalam postingan akun @pemkottangsel ini, dikonfirmasi bahwa maskapai Wings Air akan melayani penerbangan komersial dengan rute Purbalingga, Cepu, dan Lampung.

Namun Danang menyatakan, untuk rute Pondok Cabe-Lampung, pihaknya masih melakukan evaluasi dan dipastikan pada 5 Agustus 2022 belum mulai beroperasi.

Sebagai informasi, bandara Pondok Cabe berkode PCB, bandara Purbalingga berkode PWL, bandara Cepu berkode CPF, dan bandara Lampung berkode TKG.

Berikut rute dan jadwal penerbangan Wings Air dari dan ke Bandara Pondok Cabe menggunakan armada ATR 72:

Pondok Cabe-Purbalingga dengan nomor penerbangan IW-1710 akan beroperasi setiap hari Jumat pukul 08.20 WIB.

Purbalingga-Pondok Cabe dengan nomor penerbangan IW-1711 beroperasi setiap hari Jumat dengan jadwal keberangkatan pukul 09.50 WIB.

Pondok Cabe-Cepu dengan nomor penerbangan IW-1910 beroperasi setiap hari Jumat dengan jadwal keberangkatan 11.20 WIB.

Cepu -Pondok Cabe dengan nomor penerbangan IW-1911 beroperasi setiap hari Jumat dengan jadwal keberangkatan 13.14.

Pembukaan Bandara Pondok Cabe menjadi penerbangan komersial direspons positif oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie berharap, sektor ekonomi masyarakat sekitar kelurahan Pondok Cabe bisa naik berkat pembukaan bandara tersebut.

"Bagaimana pun itu adalah program pemerintah pusat, saya tentunya mendukung, dan berharap bisa memberikan dampak ke masyarakat sekitar," ujar Benyamin di Ciputat, Senin (25/7/2022).

Dia menambahkan, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar Kelurahan Pondok Cabe beberapa waktu lalu.

Dia mengklaim bahwa masyarakat turut menyambut pembukaan Bandara Pondok Cabe tersebut.

Benyamin Davnie juga berharap agar pembukaan bandara Pondok Cabe tidak menimbulkan kemacetan lalu lintas di sekitarnya. (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved