Berita Tangerang Raya

Puskesmas Tanah Tinggi Jemput Bola Skrining TB Paru bagi Pekerja di Pasar Induk Tanah Tinggi

Puskesmas Tanah Tinggi Gelar Skrining TB Paru bagi Pekerja di Pasar Induk Tanah Tinggi

Tribun Tangerang/Gilbert Sem Sandro
Puskesmas Tanah Tinggi Gelar Skrining TB Paru bagi Pekerja di Pasar Induk Tanah Tinggi, Rabu (3/8/2022) 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang menggelar skrining Tuberkolosis (TB) Paru di Pasar Induk Tanah Tinggi, Tangerang.

Skrining tersebut digelar dengan menyasar 500 hingga 600 pegawai dan buruh yang melakukan pekerjaan bongkar muat di Pasar Induk Tanah Tinggi

Gelaran skrining dilakukan oleh Puskesmas Tanah Tinggi hingga hari ini (3/8/2022).


Kepala Puskesmas Tanah Tinggi, dr. Fery Ferdiansyah mengatakan, skrining tersebut dilakukan, guna memungkinkan penemuan kasus Tuberkolosis (TB Paru) sedini mungkin.

"Jadi kegiatan skrining tuberkolosis ini dilaksanakan selama dua hari dengan sasaran sebanyak 500 sampai dengan 600 pegawai," ujar Kepala Puskesmas Tanah Tinggi, dr. Fery Ferdiansyah, Selasa (2/8/2022).

"Kegiatan ini bertujuan untuk mendeteksi kasus TB Paru sedini mungkin di Kota Tangerang sekaligus edukasi terkait penyakit TB Paru ini," imbuhnya 

Fery melanjutkan, selain dengan sistem jemput bola, masyarakat juga dapat mengunjungi puskesmas untuk melakukan skrining TB paru secara gratis. 

"Di puskesmas kami sudah ada penanggung jawab untuk TB Paru, masyarakat dapat datang ke puskesmas untuk melakukan skrining dengan gratis tanpa dipungut biaya termasuk dengan obat-obatan jika dinyatakan positif TB," kata dia.

Baca juga: Geger Masyarakat Kota Tangerang Terserang Chikungunya Ini Gejala Penyakitnya

Baca juga: Diguyur Hujan Deras Puskesmas Tanah Tinggi Kebanjiran

Dokter Fery pun mengharapkan, gelaran skrining tuberkolosis paru bagi para pekerja di Pasar Induk Tanah Tinggi dapat berjalan lancar, tanpa ada yang terkonfirmasi secara positif.

Ia pun mengimbau agar masyarakat dapat tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat, lantaran masih dalam situasi Pandemi Covid-19.

"Semoga seluruh pegawai dan buruh yang mengikuti pelaksanaan skrining di sini hasilnya baik dan tidak ada yang positif," ucapnya.

"Dan tetap ingat untuk menjaga prokes, dengan tetap memakai masker dan menjaga jarak, supaya Pandemi Covid-19 bisa segera berlalu," jelas dr. Fery Ferdiansyah. (M28)


 
 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved