Berita Jakarta Raya

Anies Diminta Bangun 15 Puskesmas lagi, Dibanding Merubah Penyebutan Nama RS jadi Rumah Sehat

Kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mengubah penyebutan nama rumah sakit menjadi rumah sehat menuai kritik dari Legislator DKI Jakarta.

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA -- Kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mengubah penyebutan nama rumah sakit menjadi rumah sehat menuai kritik dari Legislator DKI Jakarta.

Dibanding mengubah nama, Anies lebih baik membangun Puskesmas tingkat kelurahan lagi, karena masih banyak yang belum memiliki fasilitas kesehatan tahap pertama itu.

Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo mengatakan, memang tidak ada salahnya mengubah penyebutan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) menjadi Rumah Sehat untuk Jakarta.

 

Namun, ada urgensi yang lebih besar di bidang kesehatan dibanding merubah nama, yakni keberadaan Puskesmas di Jakarta.

“Ada 15 kelurahan di DKI Jakarta yang belum memiliki Puskesmas tingkat kelurahan. Kemudian sekitar 15 kelurahan lain masih tidak memiliki lahan tetap untuk Puskesmas, sehingga mereka masih mengontrak,” kata Anggara pada Kamis (4/8/2022).

Dia menyoroti, pembangunan Puskesmas tingkat kelurahan yang tidak menjadi prioritas kepemimpinan Anies sejak 2017 lalu.

Padahal, keberadaan Puskesmas penting sebagai akses layanan utama masyarakat di wilayah.

Selain itu, Puskesmas juga berperan penting dalam upaya promotif preventif.

Karena itu, pria yang juga menjadi Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta ini meminta agar jangan fokus ke hal-hal seremonial dulu sebelum yang esensial selesai dilakukan.

“Pak Anies juga seharusnya punya perhatian terhadap masyarakat Kepulauan Seribu yang belum memiliki rumah sakit dengan fasilitas lengkap karena masih tipe D, sehingga saat butuh tindakan tertentu pasien harus dilarikan menyeberang ke darat," kata Anggara.

"Kami menyayangkan prioritas-prioritas penting ini tidak terselesaikan selama masa jabatan Pak Anies,” imbuhnya.

 

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta mengadakan acara Pencanangan Penjenamaan Rumah Sehat untuk Jakarta dan Pencanangan Bulan Imunisasi, Rabu (3/8/2022).

Acara tersebut diadakan di halaman Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cengkareng, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut hadir dalam acara tersebut untuk meresmikan pencanangan penjenamaan rumah sehat.

“Pada hari ini Rabu, 3 Agustus 2022, penjenamaan Rumah Sehat untuk Jakarta secara resmi dicanangkan,” kata Anies. (faf) 


 
 
 


Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved