City Sanitation Summit

Masyarakat Pesisir Kena Dampak Gerbang Mapan, Camat Mauk yakin Perekonomian Warga Bakal Makin Maju

Masyarakat wilayah pesisir Kabupaten Tangerang terdampak Gerbang Mapan. Gerbang Mapan adalah program unggulan Pemkab Tangerang, Provinsi Banten.

Penulis: Ign Prayoga | Editor: Ign Prayoga

TRIBUNTANGERANG.COM, MAUK -- Masyarakat wilayah pesisir Kabupaten Tangerang terdampak Gerbang Mapan.

Gerbang Mapan yang mulai dikerjakan tahun 2019 merupakan bagian dari upaya Kabupaten Tangerang menjadi setara dengan kota-kota besar dunia.

Camat Mauk Kabupaten Tangerang, Arif Rahman mengatakan Gerbang Mapan adalah kependekan dari Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai.

Gerbang Mapan adalah program unggulan Pemkab Tangerang.

"Gerbang Mapan merupakan induk dari empat program unggulan di kawasan pesisir atau di Desa Ketapang," kata Arif Rahman dikutip dari laman Pemkab Tangerang.

Arif Rahman menyatakan, Gerbang Mapan memberikan dampak yang sangat besar kepada masyarakat karena mampu membangkitkan dan memulihkan perekonomian masyarakat pesisir.

Simak video revitalisasi pesisir Kabupaten Tangerang:

Lebih dari itu, Gerbang Mapan juga meliputi program penataan kawasan pemukiman pesisir. Mulai dari bangunan rumah, sanitasi, hingga infrastruktur seperti jalan dan saluran air.

"Gerbang Mapan merupakan induk dari empat program unggulan di kawasan pesisir atau Desa Ketapang," ucap Arif Rahman.

"Empat program unggulan lainnya yaitu Gebrak Pakumis Plus, Tangerang Mantap, Kembangku, dan Proaktif," kata dia.

"Jadi masyarakat bisa memanfaatkan banyak hal dari pembangunan di Ketapang ini," imbuh Arif Rahman.

Arif Rahman menambahkan segala aspek infrastruktur maupun aspek yang berhubungan dengan sanitasi masyarakat sudah difasilitasi oleh Pemkab Tangerang dari tahun 2019.

Salah satu sanitasi di Kabupaten Tangerang
Salah satu sarana sanitasi di Kabupaten Tangerang (Dok Pemkab Tangerang)

Sejauh ini, pemerintah telah membangun infrastruktur hingga pemenuhan sarana dan prasarana. Terkait hal tersebut, Camat Mauk bersama dinas memberikan pendampingan, edukasi maupun sosialisasi kepada warga.

"Artinya, kami ingin semua fasilitas yang sudah dibangun dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh warga. Paling tidak mereka dapat menuangkan segala kreativitas dan inovasinya," tuturnya.

Saat ini, Pemkab Tangerang terus mematangkan persiapan menjelang perhelatan City Sanitation Summit (CSS) XX tahun 2022 yang akan digelar September mendatang.

Bupati Tangerang A Zaki Iskandar memanen udang di Desa Ketapang, Mauk, awal 2022.
Bupati Tangerang A Zaki Iskandar memanen udang di Desa Ketapang, Mauk, awal 2022. (Tribuntangerang.com/Alex Suban)

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tangerang, Efi Indarti mengatakan, dalam menyambut kegiatan City Sanitation Summit (CSS), pihaknya melakukan penataan dan persiapan di lokasi kunjungan lapangan yaitu Ketapang Urban Aquaculture, SMPN 2 Curug, RSUD Balaraja dan Pondok Pesantren Daar E-Huda Curug.

Tak hanya itu, Pemkab Tangerang juga meningkatkan infrastruktur jalan akses menuju kawasan Ketapang Urban Aquaculture. Selain itu, kebersihan dan penertiban pedagang kaki lima di sepanjang akses menuju lokasi pun sedang dilakukan perapihan.

"Persiapan CSS XX Tahun 2022 ini melibatkan beberapa dinas terkait dan juga bantuan dari corporate social responsibility (CSR) dalam pembangunan dan pembenahan. Sampai saat ini persiapan sudah sekitar 60 persen," ucap Efi Indarti, Selasa (16/8/2022). [*]

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved