Sekolah Berprestasi

Inilah 20 Sekolah Peraih Nilai UTBK Tertinggi Versi LTMPT, Nomor Satu Berlokasi di Tangsel

LTMPT merilis pemeringkatan SMA/MA peraih nilai tertinggi pada UTBK 2022. Top SMA/MA peraih nilai tertinggi berlokasi di Tangsel

Penulis: Ign Prayoga | Editor: Ign Prayoga
Dok Kemdikbud
MAN Insan Cendekia Serpong, Tangerang Selatan 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGSEL -- Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merilis pemeringkatan sekolah jenjang SMA/MA sederajat berdasarkan rerata nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022 tertinggi, Jumat (26/8/2022).

Ketua LTMPT 2022, Prof Mochamad Ashari mengatakan, pemeringkatan sekolah yang dilakukan LTMPT bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat terkait hasil dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 yang telah dilakukan oleh LTMPT.

Prof Asari menekankan bahwa metode yang digunakan oleh LTMPT untuk pemeringkatan sekolah bisa berbeda dengan metode yang digunakan pada pemeringkatan lainnya.

"Misalnya berdasarkan akreditasi sekolah, asesmen yang dilakukan Kemendikbudristek, ada banyak kriteria lain yang bisa dilakukan untuk memetakan peringkat sekolah, salah satunya yang dilakukan LTMPT," paparnya dalam konferensi pers Peringkat Sekolah Berdasarkan Nilai UTBK 2022, Jumat (26/8/2022).

Video profil kepala sekolah terkaya versi LHKPN

Asari menjelaskan, tiap tahun LTMPT rutin mengeluarkan pemeringkatan sekolah jenjang SMA/MA berdasarkan nilai UTBK. Namun, Asari mengingatkan pemeringkatan ini tidak ditafsirkan sebagai pengelompokan sekolah favorit.

Direktur Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo menambahkan bahwa pemeringkatan ini hanya untuk memberi gambaran kepada masyarakat yang akan menitipkan putra putrinya untuk melanjutkan sekolah tingkat SMA.

Tahun 2022, UTBK diikuti 23.657 sekolah dengan jumlah peserta sebanyak 745.115 orang. "Sekolah yang siswanya diterima di UTBK mayoritas berada di Pulau Jawa," kata Budi dikutip dari Kompas.com.

Asari melanjutkan, ada 6 metode yang digunakan oleh LTMPT, yakni: 1. Sekolah yang diikutkan dalam pemeringkatan ini adalah sekolah dengan jumlah peserta yang mengikuti UTBK 2022 (lulusan 2022) sebanyak lebih dari 40 orang. Sehingga sekolah yang jumlah siswa peserta UTBK 2022 kurang dari 40 orang maka tidak diikutkan dalam pemeringkatan.

2. Dari kriteria poin pertama, maka jumlah sekolah yang memenuhi kriteria poin kedua ini hanya sebanyak 3.381 sekolah dari total 23.657 sekolah yang ikut UTBK.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved