Kriminal

5 Santri Ponpes Darul Quran Lantuburo Keroyok Rekannya Sendiri hingga Tewas Jadi Tersangka

Hasil otopsi RAP (13), santri  Pondok Pesantren Darul Quran Lantuburo yang tewas dikeroyok sesama santri dikeluarkan RSUD Kabupaten Tangerang.

Tribun Tangerang/Gilbert Sem Sandro
Pondok Pesantren Darul Quran Lantuburo di Cipondoh, Kota Tangerang. Salah satu santri Pondok Pesantrean Darul Quran Lantuburo tewas setelah dikeroyok teman-temannya. Lima dari 12 pelaku pengeroyokan ditahan di Polres Metro Tangerang Kota. 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Sebanyak 5 dari 12 pelaku pengeroyokan terhadap sesama santri di Pondok Pesantren Darul Quran Lantuburo, Kota Tangerang, ditahan di Polres Metro Tangerang Kota.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan, sedangkan tujuh santri  Ponpes Darul Qur'an Lantuburo lainnya dikembalikan kepada orangtua masing-masing.

Ketujuh santri yang dipulangkan tersebut masih di bawah usia 14 tahun.

"Sebab, berdasarkan ketentuannya untuk anak yang usianya di bawah 14 tahun, tidak bisa dilakukan penahanan," kata Zain Dwi Nugroho, Senin (29/8/2022).

Sedangkan lima  santri yang telah ditetapkan sebagai tersangka tersebut merupakan pelajar kelas IX atau kelas 3 SMP.

Mereka dijerat dengan Pasal 76C juncto Pasal 80 ayat 3 UU RI Nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak atau Pasal 170 ayat 2 (e) KUHP.

"Ancaman hukumannya itu pidana penjara minimal atau di atas 7 tahun," ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya kini tengah melaksanakan pendampingan terhadap santri yang telah menjadi tersangka tersebut.

Pendampingan tersebut dilakukan bersama Balai Pemasyarakatan (Bapas) dan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Tangerang.

"Saat ini kami masih terus melakukan pendalaman, serta pendampingan bersama dengan Bapas dan P2TP2A kota Tangerang, supaya anak-anak ini hak-haknya diberikan," katanya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved