Pemilu 2024

Kabupaten Bogor Miliki DPT Terbesar di Indonesia, 43 Persen Milenial

Ketua KPU Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni mengatakan pihaknya memperkuat sinergitas dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk sukseskan Pemilu

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Lilis Setyaningsih
istimewa
Ketua KPU Kabupaten Bogor Ummi Wahyuni tentang DPT 

TRIBUNTANGERAN.COM, CIBINONG -- Tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai pada awal Agustus 2022 lalu dengan dibukanya pendaftaran peserta pemilu bagi partai politik.

Saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU), baik nasional maupun daerah, sedang melakukan verifikasi administrasi data peserta pemilu.

Ketua KPU Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni mengatakan pihaknya memperkuat sinergitas dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk sukseskan Pemilu serentak 2024.

"KPU Kabupaten Bogor selalu transparan, baik dari pentahapan hingga hasil keputusan yang ditetapkan," kata Ummi, Jumat (2/9/2022).

Dia menjelaskan Kabupaten Bogor memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbanyak tingkat kota dan kabupaten se-Indonesia.

Karena itu, butuh sinergitas dengan semua pihak untuk menyukseskan pesta demokrasi ini.

"Dengan jumlah penduduk sangat besar di 40 Kecamatan dan 435 desa/kelurahan, pada Pemilu 2019 Kabupaten Bogor menjadi daerah dengan jumlah pemilih terbesar, dengan jumlah 15.000 TPS sebanyak 3,462 juta jiwa," ujarnya.

Baca juga: Anies Baswedan akan Komentar Pemilu 2024 Setelah Pensiun dari Gubernur DKI pada 16 Oktober 2022  

Berdasarkan PKPU Nomor 3 Tahun 2022, lanjut Ummi, KPU Kabupaten Bogor saat ini sedang melakukan tahapan pendaftaran verifikasi dan penetapan partai politik.

“Ada dua momentum besar Pemilu serentak nanti di dalam satu tahun itu, ada tahapan yang beririsan dan ini menjadi sebuah pekerjaan berat apabila kita tidak didukung oleh semua stakeholder yang ada di Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Ummi mengungkapkan dari catatan Pemilu tahun 2019, ada 43 persen pemilih di Kabupaten Bogor berasal dari pemilih milenial.

Untuk itu, KPU Kabupaten Bogor telah menyiapkan juga salah satu inovasi dengan nama BETTER (Bogor Electoral Technology & Research) yang secara harfiah berarti riset dan teknologi Pemilu Kabupaten Bogor.

"Dengan inovasi ini, pemilih pemula bisa melakukan akses infkrmasi tanpa harus datang ke KPU," ucapnya.

Baca juga: Koalisi Indonesia Bersatu Akan Bikin Kejutan Demi Kejutan di Pemilu 2024

Selain itu, masih ada banyak inovasi lainnya dengan menggandeng semua pihak, terutama elemen-elemen yang berpengaruh di Kabupaten Bogor.

“Kami menggandeng semua elemen berpengaruh di Kabupaten Bogor, baik pemuka agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, pemuda, perguruan tinggi dan lain sebagainya agar pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan dengan baik," tandas Ummi.

Sebagai informasi, Pemerintah telah menjadwal pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak pada tahun 2024. Pemilu diselenggarakan pada tanggal 14 Februari dan Pilkada serentak pada tanggal 27 November 2024. 

Sumber: Tribun depok
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved