CSS Akkopsi

Kabupaten Tangerang Dijadikan Kiblat Program Sanitasi di Indonesia

Sanitasi di sejumlah lokasi di Kabupaten Tangerang jadi model pada City Sanitation Summit (CSS) Asosiasi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi)

Editor: Ign Prayoga
TribunTangerang.com/Andika Panduwinata
Ketua Pelaksanana CSS ke- 20 Moch Maesyal Rasyid pada pembukaan City Sanitation Summit ke-20 Asosiasi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi) di ICE BSD, Kabupaten Tangerang. 

TRIBUNTANGERANG.COM, ICE BSD - Sanitasi lingkungan merupakan faktor penting kemajuan masyarakat.

Pemerintah-pemerintah daerah pun berupaya mewujudkan sanitasi terbaik di wilayahnya.

Seperti yang dilakukan Pemkab Tangerang lewat pembangunan sanitasi sekolah, sanitasi pesantren, dan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal.

Sanitasi yang aman, adalah investasi masa depan. Pemahaman ini diangkat menjadi tema City Sanitation Summit (CSS) ke- 20 Asosiasi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi).

Salah satu fasilitas sanitasi di Kabupaten Tangerang
Salah satu fasilitas sanitasi di Kabupaten Tangerang (Dok Pemkab Tangerang)

CSS ke-20 Akkopsi dihelat di ICE BSD pada 6-8 September 2022. Pada pertemuan yang menyangkut hajat hidup orang banyak ini, Kabupaten Tangerang menjadi tuan rumah.

Ketua Pelaksanana CSS ke- 20 Moch Maesyal Rasyid mengucapkan terima kasih kepada para bupati dan wali kota serta para pejabat kementerian yang hadir.

"CSS ini bertemakan Sanitasi Aman Investasi Masa Depan," kata Maesyal, Rabu (7/9/2022).

"Ada beberapa agenda antara lain sesi sharing seminar sanitasi, musyawarah nasional, dan kunjungan langsung ke sejumlah tempat," ucap Sekda Kabupaten Tangerang itu.

Maesyal merinci tempat-tempat yang akan dikunjungi peserta CSS ke- 20 yakni SMPN 2 Curug, Pondok Pesantren Darul Huda, Aquaculture Ketapang, dan RSUD Balaraja.

"Besar harapan kami dapat terwujud sinergi dari berbagai kalangan, sehingga sanitasi mudah diakses dan juga adanya ketersediaan air bersih," ujar Maesyal.

Sebagai informasi, Pemkab Tangerang juga memiliki sejumlah program unggulan. Mulai dari sanitasi sekolah, sanitasi pesantren, IPAL Komunal, dan Gebrak Pak Kumis.

"Alhamdulillah Kabupaten Tangerang akan dijadikan lokus dan model program sanitasi di Indonesia. Mudah-mudahan kami bisa terus melakukan transformasi program sanitasi ini menjadi lebih baik lagi," papar pria yang akrab disapa Rudi ini. (dik)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved