Kenaikan Harga BBM

Secara Bertahap Pemkot Tangerang Mulai Salurkan BLT BBM dan Sembako Tahap 1

Pemkot Tangerang Mulai Salurkan BLT BBM dan Sembako Tahap 1 dari Kemensos RI, ada 57.140 Keluarga penerima manfaat

Tribun Tangerang/Gilbert Sem Sandro
Penyaluran BLT BBM dan sembako sebesar RP 500 ribu di Kantor Kelurahan Karanganyar, Neglasari, Kota Tangerang. 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG -- Pemerintah Kota Tangerang mulai mendistribusikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) dan sembako tahap pertama tahun 2022.

Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang, Mulyani mengatakan, pendistribusian BLT BBM dilakukan bekerjasama PT Pos Indonesia dan Pemkot Tangerang.

"Sesuai kebijakan Kementerian Sosial RI, BLT BBM dan sembako bulan September 2022 sudah mulai disalurkan oleh PT Pos kepada masyarakat Kota Tangerang," ujar Mulyani kepada awak media, Rabu (7/9/2022).

"Penyaluran BLT BBM dilakukan bekerjasama dengan Pemkot Tangerang di masing-masing kantor kelurahan," imbuhnya.

Mulyani menerangkan, kuota penerima BBM BLT di 13 kecamatan se-Kota Tangerang sebanyak 57.140 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Total bantuan yang diterima setiap KPM adalah Rp 500 ribu, dengan rincian Rp 300 ribu BLT BBM dan Rp 200 ribu bantuan sembako.

"Adapun bantuan sosial ini berupa BLT BBM senilai Rp 300 ribu per-KPM dan bantuan sembako senilai Rp 200 ribu per KPM, sehingga total bantuan yang diterima senilai Rp 500 ribu setiap KPM," kata dia.

Baca juga: Sebelum Lebaran Rampung, PT Pos Indonesia Salurkan BLT Minyak Goreng Kepada 18,3 Juta Keluarga

Nantinya, penyaluran BLT BBM dan sembako tersebut akan dilakukan secara bertahap oleh PT Pos Indonesia, di setiap kantor kelurahan.

Hal tersebut dilakukan, guna menghindari penumpukan masyarakat yang menerima KPM di kantor kelurahan yang menjadi lokasi pendistribusian BLT BBM.

"Selama bulan September 2022 ini pendistribusiannya dilakukan secara bertahap di beberapa kantor kelurahan sesuai jadwalnya masing-masing, supaya tidak terjadi penumpukan," terangnya.

Masyarakat yang berhak menerima BLT BBM dan sembako tersebut ialah yang telah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Kemensos RI.

Baca juga: Warga yang Bakal Mendapat BLT Minyak Goreng Masih Didata Dinas Sosial Kota Tangerang


Sebab, BLT BBM dan sembako yang diberikan Kemensos RI tersebut dilakukan guna membantu masyarakat pasca kenaikan harga BBM subsidi pada Sabtu (3/9/2022) lalu.

Dengan demikian, bantuan sosial berupa uang tunai tersebut dapat dipastikan tersalurkan tepat sesuai dengan sasaran.

"Bantuan tahap 1 ini mulai didistribusikan kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdata oleh Kemensos RI," ucapnya.

"Jadi, KPM ini adalah orang-orang atau warga yang memang sesuai dengan kriteria atau syarat yang disampaikan oleh Kemensos, supaya sasarannya bisa tepat," jelas Mulyani. (m28)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved