Wisata

Healing Garden untuk Pulihkan Kesehatan Mental Warga di Pinggir Jalan TB Simatupang Pasar Minggu

UPT KPKP DKI Jakarta meresmikan taman urban Healing Garden di Jalan TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (12/9/2022).

Penulis: Miftahul Munir | Editor: Intan Ungaling Dian
Tribun Tangerang/Miftahul Munir
Taman urban Healing Garden, di Kantor KPKP DKI Jakarta, Jalan TB Simatupang, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (12/9/2022) pagi. Warga bisa menikmati taman sayuran di Healing Garden sambil berolahraga joging. Mereka juga bisa ikut bercocok tanam menabur benih sayuran. 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA - Unit Pelaksana Teknis Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta meresmikan taman urban Healing Garden di Jalan TB Simatupang, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (12/9/2022) pagi.

Healing Garden ini tepat berada di samping Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Bagian depan dari taman tersebut ada tanaman tomat, cabai, pakcoi, dan tanaman sayuran lainnya.

Masih di halaman yang sama, ada kandang hewan berisi ayan jago putih dengan jengger ayam merah. Dua ayam lainnya dibiarkan bebas berkeliaran di dekat taman tersebut.

Kepala Dinas (Kadis) KPKP DKI Jakarta, Suharini Ellyawati mengatakan, taman ini sebelumnya sebagai agro edu wisata bagi warga Ibu Kota Jakarta.

Kemudian, taman agro edu wisata itu untuk tempat penyembuhan mental warga yang terganggu.

"Ini juga bisa jadi pemulihan bagi warga yang terdampak pandemi Covid-19," kata Suharini Ellyawati yang akrab disapa Elly di Healing Garden.

Apalagi taman urban Healing Garden bersebelahan dengan RSUD Pasar Minggu yang bisa dimanfaatkan keluarga pasien rumah sakit tersebut.

Ketika bosen menunggu anggota keluarga yang sedang menjalani perawatan,  keluarga pasien bisa berjalan kaki menuju taman urban healing garden.

Mereka bisa menenangkan diri atau memulihkan kesehatan mentalnya di Healing Garden.

Baca juga: Pameran Flona 2022 di Taman Lapangan Banteng, Jadi Ruang Ketiga Pecinta Flora dan Fauna

Baca juga: Ratusan Wifi Gratis Tersebar di Taman Jakarta, Cek di Aplikasi JAKI yang Bisa Diunduh di Playstore

Bercocok tanam

Pengunjung Healing Garden bisa  melakukan aktivitas bercocok tanam seperit seperti menanam bibit pohon, sayuran, bungan atau panen sayuran.

"Jadi dapat beraktivitas di sini supaya tidak ikutan sakit (karena menunggu keluarga di RSUD Pasar Minggu)," ucap Suharini Ellyawati.

Dia mengatakan, ide membuat taman urban Healing Garden ini ketika obrolan santai antara Kepala UPT Pusat KPKP Iwan Indriyanto dengannya beberapa bulan lalu.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved