Kasus Brigadir J

Ini Tanggapan Mabes Polri Soal Polda Metro Jaya akan Berikan Bantuan Hukum Bagi AKBP Jerry Siagian 

Putusan sidang etik terhadap AKBP Jerry Raymond Siagian sudah sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Penulis: Ramadhan L Q | Editor: Ign Agung Nugroho
Tribun Tangerang/Miftahul Munir
Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo. 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA - Mabes Polri buka suara terkait langkah Polda Metro Jaya yang menyatakan siap memberikan bantuan hukum pada mantan Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, AKBP Jerry Raymond Siagian yang dipecat dari anggota Polri.

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, hal tersebut merupakan hak terperiksa memperoleh bantuan hukum dari Polda Metro Jaya.

"Itu hak terperiksa mendapat pendampingan," ujar Dedi, kepada awak media, Selasa (13/9/2022).

Kendati demikian, ia mengatakan bahwa putusan sidang etik terhadap AKBP Jerry Raymond Siagian sudah sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

"Sidang keputusan sudah berjalan sesuai mekanisme untuk tetap menjaga akuntabilitas, transparan, dan adil," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Polda Metro Jaya menyatakan siap memberikan bantuan hukum untuk eks Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, AKBP Jerry Raymond Siagian usai dipecat dari Polri terkait kasus Irjen Ferdy Sambo.

 

 

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (12/9/2022).

"Polda Metro Jaya sebagai Polda di mana yang bersangkutan pernah berdinas, walaupun sudah ada TR pemindahan menjadi Pamen Yanma Mabes Polri," kata dia.

"Tetapi Polda Metro Jaya akan siap memberikan bantuan hukum, manakala yang bersangkutan membutuhkan dalam proses selanjutnya," lanjut Zulpan.

Selain itu, ia menuturkan terkait keputusan banding yang diajukan AKBP Jerry, Polda Metro Jaya menyerahkan sepenuhnya kepada yang bersangkutan.

"Adanya putusan PTDH yang dijatuhkan kepada mantan Wadirkrimum Polda Metro Jaya, saudara Jerry Siagian dalam hal ini sikap Polda Metro Jaya adalah mengembalikan kepada yang bersangkutan," ujarnya.

"Karena dalam putusan tersebut, juga ada hak untuk menyampaikan banding dan sebagainya," sambung Zulpan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved