Bunga Bangkai

Jangan Tunda Melihat Bunga Bangkai di Kebun Raya Bogor, Usia Mekar Hanya 3-4 Hari dari Sekarang

Rafflesia arnoldi R. Br atau lebih dikenal dengan sebutan padma raksasa merupakan Puspa Langka Nasional berdasarkan Kepres RI Nomor 4 Tahun 1993.

Penulis: Cahya Nugraha | Editor: Lilis Setyaningsih
Tribun Tangerang/Cahya Nugraha
16 Tahun Penantian, Akhirnya Bunga Bangkai Tumbuh di Kebun Raya Bogor 

TRIBUNTANGERANG.COM, BOGOR -- Rafflesia arnoldi R. Br atau lebih dikenal dengan sebutan padma raksasa merupakan Puspa Langka Nasional berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 4 Tahun 1993.

Selain ditetapkan sebagai Puspa Langka Nasional, bunga raksasa kharismatik asal Bengkulu ini masuk dalam daftar tumbuhan dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1999 dan IUCN Red list dengan status konservasi terancam punah.

Upaya konservasi Rafflesia arnoldi R. Br di luar habitatnya (secara ex situ) sejak tahun 1818 belum membuahkan hasil. Bunga Rafflesia arnoldi ini juga dikenal awam sebagai Bunga Bangkai.

Baca juga: Bunga Bangkai Tumbuh di Kebun Raya Bogor, Setelah 16 Tahun Dibudidayakan

Baru pada tahun 2006 peneliti Rafflesia Kebun Raya Bogor melakukan upaya menumbuhkan biji Rafflesia arnoldii R. Br asal Bengkulu di vak. XVII yaitu koleksi jenis-jenis tumbuhan pemanjat (climber), termasuk di dalamnya terdapat 7 spesies tetrastigma, yang merupakan inang Rafflesia.

Setelah 16 tahun sejak upaya menumbuhkan, pada awal September 2022 muncul beberapa knop bakal bunga yang salah satunya mekar pada 12 September 2022.

Periset dan Kurator Koleksi Rafflesia di Kebun Raya Bogor, Sofi Mursidawati menyatakan bahwa jenis Rafflesia yang mekar merupakan Rafflesia arnoldii R. Br dan baru pertama kali mekar sebagai hasil budidaya di Kebun Raya Bogor.

“Meskipun diameternya tidak lebih 60 cm, namun jenis ini sudah dapat dipastikan adalah Rafflesia arnoldii R. Br,” ujar Sofi.

Baca juga: Fenomena Langka, Bunga Bangkai Tumbuh di Kebun Singkong Warga Bekasi

Namun Sofi menambahkan nampaknya umur bunga yang berjenis kelamin betina ini hanya bertahan 3-4 hari saja. 

"Nampaknya seperti itu jika dilihat dari kondisinya saat ini, pinggirannya sudah menghitam kondisi terlalu tidak menguntungkan kemungkinan ya bertahan 3-4 hari," ucap Sofi kepada wartawan TribunTangerang.com.

Sofi mengakui bahwa banyak indikator yang menyebabkan bunga tersebut tidak bertahan lama. 

"Kompleks. tidak bisa ditunjuk ke salah satu faktor penyebab bunga bangkai tidak bertahan lama. Bisa juga semua terjadi karena gabungan antara semua indikator," ungkap Sofi

Sofi memberi contoh misalkan saja karena faktor alam, namun hal tersebut masih terlalu rumit untuk ditunjuk sebagai penyebabnya

"Ada banyak faktor seperti cuaca, genetika, dan gabungan antara faktor itu," jelas Sofi

Baca juga: Petugas PPSU Kelurahan Joglo Menemukan Bunga Bangkai di Lahan Warga Saat Membersihkan Saluran Air

Meski begitu kehadiran bunga Rafflesia arnoldi R. Br tetap bisa dinikmati oleh masyarakat umum. 

"Tentunya, masyarakat sangat diizinkan untuk melihatnya dan menikmati keindahannya, namun juga ada batas aman untuk melihatnya. Sebab baru pertama kali muncul setelah penantian 16 tahun," ujar Sofi

 

 

Sumber: Tribun depok
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved