Pilpres 2024

Peneliti Politik Nilai Elektabilitas Anies Masih Abu-abu usai Purna Tugas sebagai Gubernur

Peneliti Politik BRIN Menilai Elektabilitas Anies Masih Abu-abu usai Purna Tugas sebagai Gubernur DKI Jakarta 

Tribun Tangerang/Indri Fahra Febrina
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (7/9/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA  -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan mengakhiri masa jabatannya pada 16 Oktober 2022.

Jelang berakhirnya masa jabatan Anies sebagai gubernur, muncul wacana yang menyebutkan bahwa Anies akan maju sebagai capres saat Pilpres 2024 mendatang.

Bagaimana elektabilitas Anies usai purna tugas sebagai Gubernur DKI Jakarta?


Peneliti Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Wasisto Raharjo Jati berpendapat bahwa elektabilitas Anies usai purna tugas masih abu-abu.

"Hal ini dikarenakan popularitas Pak Anies yang stabil. Ini juga dikarenakan masih menjabat sebagai pejabat publik, sehingga masih menjadi pusat atensi publik dan pemberitaan media," ujar Wasisto saat dihubungi pada Minggu (18/9/2022).

Namun setelah purna tugas, Wasisto mengatakan hal itu tentu akan berdampak perihal mulai menurunnya atensi dan pemberitaan. 

Oleh karena, menurut Wasisto perlu ada langkah mitigasi dari Anies secara personal apabila ingin tetap berkibar.

Wasisto menjelaskan lebih lanjut, Anies dapat memaksimalkan media sosialnya agar tetap dikenal oleh masyarakat, dengan kembali menjadi seorang intelektual publik lewat gagasan kritisnya.

"Saya pikir dengan pencitraan sekarang sudah cukup. Dan tinggal berimprovisasi lagi untuk bisa menjadi semacam tokoh intelektual yang berpengaruh di ruang publik," ujar Wasisto.

Baca juga: Siap Maju Capres 2024, Anies Baswedan Tunggu Pinangan Parpol

Diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tak mau memberikan komentar banyak pada awak media usai mengaku menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 mendatang.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved